Sinus, Cosinus, dan Tangen Sudut Rangkap

Selanjutnya kita akan menurunkan rumus sudut rangkap untuk tangen. Rumus sudut rangkap untuk tangen dapat diturunkan sebagai berikut.

Tangen Sudut Rangkap

Sehingga, kita peroleh rumus sudut rangkap untuk tangen adalah sebagai berikut.

Rumus Tangen Sudut Rangkap

Contoh 8: Menghitung Nilai Tangen

Tentukan nilai,

Contoh 8 Soal

Pembahasan Pertama kita faktorkan keluar 5 pada penyebut pecahan tersebut kemudian sederhanakan dan kita terapkan rumus tangen sudut rangkap.

Contoh 8 Pembahasan


Contoh 9: Mengganti Variabel

Jika x = 3 tan θ, tulislah bentuk berikut ke dalam bentuk yang hanya memuat x.

Contoh 9 Soal

Pembahasan Untuk mengubah suku pertama menjadi suku yang hanya memuat x, pertama kita tulis θ ke dalam bentuk x. Untuk itu, kita selesaikan persamaan x = 3 tan θ untuk θ.

Contoh 9 x

Selanjutnya, karena invers fungsi tangen hanya dapat bernilai antara –π/2 sampai π/2, kita dapat memvisualisasikan θ dengan menggambar segitiga siku-siku dengan θ merupakan besar salah satu sudut lancipnya. Karena tan θ = x/3, kita labeli panjang sisi di depan sudut tersebut dengan x dan panjang sisi di sampingnya dengan 3.

Contoh 9 Segitiga Siku-siku

Berdasarkan Teorema Pythagoras, panjang sisi miring segitiga siku-siku di atas adalah √(x² + 9), yang berarti bahwa sin θ = x/√(x² + 9) dan cos θ = 3/√(x² + 9). Sekarang kita siap untuk menyederhanakan dan mensubstitusi untuk menyelesaikan soal yang diberikan.

Contoh 9 Pembahasan

Perhatikan bahwa kita tidak perlu menggunakan tanda mutlak ketika kita mengalikan dan menyederhanakan akar kuadrat dalam baris yang kedua ke baris yang pertama dari bawah karena kita tahu bahwa x² + 9 selalu positif. Semoga bermanfaat, yos3prens.

Tentang Yosep Dwi Kristanto

Tahun 2012 memulai blogging untuk menyediakan sumber belajar matematika online, yang semoga dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Pengagum pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Pos ini dipublikasikan di Kelas XI, Materi SMA, Trigonometri dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Sinus, Cosinus, dan Tangen Sudut Rangkap

  1. rudis berkata:

    banyak yang apresiasi web sampean mas yosep

    Suka

  2. Hanifah Nurusyifa berkata:

    izin copas yaa, terimakasih 🙂

    Suka

Tinggalkan komentar