Download Modul Pecahan

Modul guru untuk materi pecahan ini menggunakan pendekatan konseptual dalam menjelaskan topik-topik dalam pecahan

Tujuan utama dikembangkannya modul pecahan ini adalah untuk menyediakan (1) pemahaman konseptual mengenai topik-topik pecahan, (2) pengetahuan pecahan secara umum, serta (3) ide dan metode inovatif pembelajaran pecahan yang berbasis pendekatan saintifik. Oleh karena itu, di awal modul ini disediakan pengetahuan umum mengenai pembelajaran saintifik. Setelah itu, dalam modul ini dikenalkan konsep-konsep pecahan yang dijelaskan dengan menggunakan pendekatan konseptual. Di akhir modul terdapat contoh pembelajaran inovatif yang mungkin dapat diadaptasi oleh guru untuk diterapkan dalam kelasnya. Contoh pembelajaran tersebut penulis dapat dari artikel Sweet Work with Fractions yang ditulis oleh Natalya Vinogradova dan Larry Blaine dalam jurnal Mathematics Teaching in the Middle School Vol. 18 No. 8. Artikel tersebut juga telah penulis ulas dalam tulisan Membandingkan Pecahan dengan Game.

Topik-topik yang dijelaskan dalam modul ini adalah (1) terminologi pecahan, (2) konsep-konsep pecahan, (3) pecahan-pecahan senilai, (4) menyamakan penyebut, (5) membandingkan pecahan, dan (6) operasi-operasi pecahan.

Semoga bermanfaat, yos3prens.

Iklan

Tentang Yosep Dwi Kristanto

Tahun 2012 memulai blogging untuk menyediakan sumber belajar matematika online, yang semoga dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Pengagum pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Pos ini dipublikasikan di Kelas VII, Materi SMP, Perangkat Pembelajaran dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s