Lima Menit Mengenal Penulis

Sebagai pembaca, Anda mungkin menganggap bahwa artikel-artikel dalam blog ini mudah dipahami karena cara penulis dalam menyampaikan buah pikirannya sangat mudah diikuti. Akan tetapi mungkin juga banyak pembaca yang menganggap sebaliknya. Mari kita mengenal orang yang ada di balik semua artikel di dalam blog ini, Yosep Dwi Kristanto, atau yang memiliki nama pena yos3prens.

Hi Yosep! Selain sebagai blogger, apa kegiatan Anda lainnya?

Hi, pembaca setia. Pada dasarnya blogging merupakan kegiatan yang saya lakukan untuk mengisi waktu luang saya. Saat ini saya bekerja sebagai dosen di salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Selain itu saya juga menulis buku pelajaran dan mengembangkan website pendamping buku pelajaran tersebut.

Apa motivasi Anda dalam memulai blogging dengan topik pendidikan matematika dulunya?

yos3prensAwalnya, ketika baru dikenalkan oleh sahabat saya, saya masih kurang tertarik tentang dunia blog. Akan tetapi, pengalaman pribadi saya sendirilah yang membawa saya untuk mulai mencintai dunia menulis. Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya, pengalaman yang seperti apa?

Ketika saya menyelesaikan tugas akhir S1, saya, seperti halnya sebagian besar mahasiswa lainnya, mengalami masa-masa jenuh. Kemudian saya memikirkan bagaimana cara untuk menghilangkan kejenuhan tersebut. Setelah memikirkan beberapa waktu, kemudian saya memutuskan untuk memulai blogging lagi (karena sebelumnya saya pernah iseng-iseng blogging). Akan tetapi, topik yang saya tulis adalah mengenai pendidikan matematika, dunia yang selama 3 tahun lebih (pada waktu itu) sudah saya geluti. Dan ternyata cara ini memang berhasil mengusir rasa jenuh selama mengerjakan tugas akhir tersebut.

Kemudian, apa yang membuat Anda termotivasi untuk terus menulis?

Poin yang utama adalah tentang berbagi pengetahuan. Sayang sekali jika pengetahuan yang kita punya tidak kita bagikan kepada orang lain. Karena saya memiliki keyakinan mengenai ‘aturan sebab-akibat’: Semakin banyak kita membagikan pengetahuan kita kepada orang lain, maka semakin banyak kita mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru lainnya. Dan syukur-syukur, pengetahuan yang kita bagi tersebut bermanfaat bagi banyak orang.

Quote

Selain itu, ketika saya sudah masuk dalam praktek mengajar, saya banyak sekali menjumpai siswa yang sulit untuk mencintai matematika. Kemudian saya berpikir, mungkin di luar lingkungan saya, juga banyak kejadian-kejadian seperti itu. Dan hal itulah yang membuat saya termotivasi untuk menulis artikel-artikel matematika kepada semua orang, baik untuk siswa, guru, wali murid, atau orang lain, yang ada di dalam internet.

Dan terakhir, apa harapan Anda ke depannya?

Banyak sekali sebenarnya. Tetapi yang paling penting, saya berharap agar terus bisa menulis untuk menyediakan pengetahuan-pengetahuan kepada khalayak. Dan semoga semua apa yang saya tulis dalam blog ini bermanfaat kepada semua saja yang membacanya beserta orang-orang di sekitarnya. Itulah kenapa di setiap akhir postingan, saya selalu memberikan kalimat, ‘semoga bermanfaat, (dari orang yang mencintai Anda) yos3prens’.

13 Balasan ke Lima Menit Mengenal Penulis

  1. Intan Martiwulan berkata:

    Salam kenal mas Yosep. Saya Intan, seorang guru mat di sma. Sudah lama saya mengikuti blog anda ini. Tulisan-tulisan anda sangat membantu saya, terutama soal-soal penerapan karena saya sering kesulitan membuatnya. Dalam kesempatan ini saya mohon izin untuk menggunakan soal-soal penerapan yang ada di blog ini. Terima kasih

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s