5 Soal dan Pembahasan Penerapan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV)

Contoh 3: Teka-teki Sejarah Indonesia

Sampai saat ini, bangsa Indonesia telah mengalami peristiwa-peristiwa sejarah yang patut diketahui, tiga diantaranya adalah kedatangan Belanda di bawah pimpinan Cornelis De Houtman, lahirnya R.A. Kartini, dan lahirnya Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar). Jika kita menjumlahkan tahun terjadinya ketiga peristiwa tersebut maka kita akan mendapatkan 5.441. Supersemar lahir 87 tahun setelah lahirnya tokoh emansipasi wanita Indonesia, R. A. Kartini, dan 370 tahun setelah kedatangan Belanda di bawah pimpinan Cornelis De Houtman. Pada tahun berapa masing-masing peristiwa sejarah tersebut terjadi?

Garuda Pancasila

Pembahasan Misalkan a, b, dan c secara berturut-turut adalah tahun terjadinya peristiwa kedatangan Belanda di bawah pimpinan Cornelis De Houtman, lahirnya R.A. Kartini, dan lahirnya Supersemar. Maka kita akan mendapatkan SPLTV sebagai berikut.

Contoh 3 Sistem 1

SPLTV di atas memiliki bentuk standar seperti berikut.

Contoh 3 Sistem 2

Dengan menggunakan P1 + P3 kita akan mengeliminasi suku-a pada P3 dan menghasilkan persamaan P3 yang baru: b + 2c = 5.811.

Contoh 3 Sistem 3

Selanjutnya kita dapat menyelesaikan subsistem persamaan linear dua variabel (dua persamaan terbawah) dan mendapatkan c = 1.966. Dengan substitusi balik, kita juga akan memperoleh a = 1.596 dan b = 1.879. Sehingga, selesaian dari SPLTV di atas adalah (1.596, 1.879, 1.966). Atau dengan kata lain, kedatangan Belanda di bawah pimpinan Cornelis De Houtman, lahirnya R.A. Kartini, dan lahirnya Supersemar secara berturut-turut terjadi pada tahun 1596, 1879, dan 1966.

Tentang Yosep Dwi Kristanto

Tahun 2012 memulai blogging untuk menyediakan sumber belajar matematika online, yang semoga dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Pengagum pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Pos ini dipublikasikan di Aljabar, Kelas X, Materi SMA, Topik Matematika dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

31 Balasan ke 5 Soal dan Pembahasan Penerapan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV)

  1. hasef berkata:

    punya soal type HOTS untuk materi SPLTV gk? share ya kalo punya

    Suka

  2. Muqaddas berkata:

    Terima kasih atas aploadx

    Suka

Tinggalkan komentar