Soal #12

Mulan adalah seorang gadis kelas IV yang memiliki tinggi 120 cm. Ia biasanya bercermin dengan jarak 80 cm di depan cermin. Ia akan berencana pergi ke tukang cermin untuk memesan sebuah cermin. Ia akan memesan sebuah cermin dengan tinggi minimal, akan tetapi apabila dia bercermin, dia akan tetap melihat keseluruhan badannya, dari ujung kaki sampai ujung kepala. Bantulah Mulan untuk menghitung panjang cermin yang akan ia pesan tersebut! Bantulah juga di mana ia akan meletakkan cermin tersebut apabila cermin tersebut sudah jadi nantinya! (Anggap posisi mata Mulan berada 9 cm di bawah bagian teratas tubuhnya)

Pemecahan Masalah

Pembahasan

Agar lebih mudah untuk mengerjakan soal di atas, kita ubah informasi soalnya menjadi gambar berikut.

Pembahasan Pemecahan Masalah

Perhatikan bahwa segitiga segitiga ABC sebangun dengan segitiga AEF. Sehingga perbandingan sisi alas dan tingginya sama. Dengan kata lain, BC : EF = AD : AH. Sehingga,  120 : EF = 160 : 80. Diperoleh EF = (120 × 80) : 160 = 60 cm. Jadi, panjang cermin yang akan dipesan oleh Mulan haruslah 60 cm.

Sekarang perhatikan segitiga AJB dan segitiga EIB. Kedua segitiga tersebut merupakan segitiga-segitiga yang sebangun. Sehingga, perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian sama. Dengan kata lain, AJ : EI = JB : IB. Atau 111 : EI = 160 : 80. Diperoleh EI = (111 × 80) : 160 = 55,5 cm. Jadi, apabila cermin tersebut telah jadi nantinya, ia harus memasang 5,55 cm di atas tanah.

Satu Balasan ke Soal #12

  1. Ping balik: Pencerminan | Pendidikan Matematika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s