Menguji Kesejajaran Garis

Jika ada dua garis yang berbeda dalam satu bidang maka dua garis tersebut akan berpotongan atau sejajar, tetapi tidak keduanya. Pada gambar berikut, garis a berpotongan dengan garis b, sedangkan garis c sejajar dengan garis d.

Kedudukan Dua Garis

Pada pembahasan ini akan dibahas bagaimana cara mengetahui dua garis berpotongan ataukah sejajar. Untuk mengetahuinya, yang kita butuhkan adalah dua penggaris. Berikut ini langkah-langkah dalam menguji kesejajaran garis.

  1. Letakkan penggaris pertama sehingga berimpit dengan garis k, dan letakkan penggaris kedua pada ujung penggaris pertama sehingga kedua penggaris ini saling tegak lurus.
  2. Geserlah penggaris pertama menurut penggaris kedua sehingga sampai menyentuh garis l. Karena garis pertama berimpit dengan garis kedua, maka kita dapat mengatakan bahwa garis k sejajar dengan garis l. Bagaimana dengan garis m?
  3. Geserlah lagi penggaris pertama sampai menyentuh garis m. Karena penggaris pertama tidak berimpit dengan garis m, maka garis k tidak sejajar dengan garis m. Atau dengan kata lain, garis k dan garis m akan berpotongan jika kedua garis tersebut diperpanjang.

Untuk lebih memahami dalam menentukan kesejajaran antara dua garis, perhatikan ilustrasi berikut.

Menguji Kesejajaran

Semoga bermanfaat, yos3prens.

Iklan

Tentang Yosep Dwi Kristanto

Tahun 2012 memulai blogging untuk menyediakan sumber belajar matematika online, yang semoga dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Pengagum pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Pos ini dipublikasikan di Geometri, Kelas VII, Materi SMP, Topik Matematika dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s