Menentukan FPB dan KPK Menggunakan Excel

Sebelum pada pembahasan ini, kita telah berlatih untuk menentukan faktor persekutuan terbesar (FPB) dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dengan menggunakan tiga cara, yaitu dengan cara mendaftar, faktorisasi prima, dan cara sengkedan. Sekarang kita akan berlatih menentukan FPB dan KPK dengan menggunakan Microsoft Excel. Bagaimana caranya?

FPB atau yang dalam bahasa Inggris greatest common divisor (GCD), dapat ditentukan dengan menggunakan fungsi GCD. Fungsi ini dapat kita temukan pada kelompok tab FORMULAS Microsoft Excel, dan pada bagian Function Library pilih Math & Trig. Pada submenu Math & Trig ini, kita arahkan mouse ke bawah dan kita akan menemukan fungsi GCD, seperti yang ditunjukkan gambar berikut.

Screenshot Fungsi GCD

Jika kita memilih fungsi GCD tersebut, akan tampil jendela Function Arguments sebagai berikut.

GCD Function Arguments

Pada jendela Function Arguments tersebut terdapat kotak teks Number1 dan Number2. Kotak teks tersebut sebagai tempat mengisi bilangan-bilangan yang akan kita tentukan FPB-nya. Apabila kita akan menentukan FPB dari 24 dan 36, kita isi kotak teks Number1 dengan 24 dan Number2 dengan 36, atau sebaliknya. Kotak teks tersebut akan bertambah secara otomatis apabila kita sudah mengisi 2 bilangan. Sehingga kita juga dapat menentukan FPB dari 3 bilangan. Apabila kita ingin menentukan FPB dari 3 bilangan, yaitu 24, 36, dan 42, kita cukup menuliskan bilangan-bilangan tersebut pada kotak teks Number1, Number2, dan Number3.

Setelah kita mengisi kotak-kotak teks tersebut, selanjutnya klik tombol OK. Maka FPB dari ketiga bilangan di atas akan dituliskan pada sel tertentu, seperti pada gambar berikut.

GCD dari 3 Bilangan

Sekarang perhatikan formula bar pada gambar di atas. Pada formula bar tersebut, tertulis =GCD(24,36,42). Sehingga, kita juga dapat menuliskan fungsi =GCD(number1, number2, …) pada sel untuk menentukan FPB dari beberapa bilangan tertentu. Number1, number2, … dapat diganti dengan bilangan-bilangan tertentu, yang akan kita tentukan FPB-nya. Banyaknya bilangan boleh lebih dari 2 dan masing-masing bilangan dipisahkan dengan tanda koma.

GCD dengan Menulis

Bagaimana dengan menentukan KPK? Untuk menentukan KPK, langkahnya hampir sama dengan menentukan FPB. Akan tetapi fungsi untuk menentukan KPK adalah =LCM(number1, number2, …). Sehingga, apabila kita ingin menentukan KPK dari 12, 16, dan 20, maka kita dapat menuliskan =LCM(12,16,20) pada sel tertentu.

KPK Beberapa Bilangan

Semoga bermanfaat, yos3prens.

Iklan

Tentang Yosep Dwi Kristanto

Tahun 2012 memulai blogging untuk menyediakan sumber belajar matematika online, yang semoga dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Pengagum pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Pos ini dipublikasikan di Kelas IV, Software Pendidikan dan tag , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Menentukan FPB dan KPK Menggunakan Excel

  1. ramses munthe berkata:

    THANK YOU VERY MUCH. SUKSES SELALU BUAT PENULIS YANG BAIK HATI BERBAGI

    Suka

  2. SHAFY berkata:

    Terima kasih sharingnya gan, sangat membantu tuk ngecek pr ananda 🙂

    Suka

  3. CASMITA berkata:

    MATEMATIKA YANG PALING SULIT

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s