Pengurangan Pecahan

Dalam suatu upacara bendera, Dewi, Cecil, dan Rahma berada dalam satu barisan. Dewi berada paling depan, Cecil 1/4 dam di belakang Dewi, sedangkan Rahma berada 3/4 dam di belakang Dewi. Dapatkah kita menentukan jarak Cecil dengan Rahma? Untuk menjawabnya, pertama-tama perhatikan gambar berikut!

Barisan

Dari gambar di atas, kita dapat memperoleh bahwa jarak antara Cecil dengan Rahma adalah 2 bagian dari 4 dekameter. Atau dengan kata lain, tiga perempat dikurangi seperempat sama dengan dua perempat. Pernyataan tersebut apabila dituliskan dalam bentuk pecahan akan menjadi seperti berikut.

Pengurangan Pecahan I

Apabila kita perhatikan, operasi pengurangan pada pecahan memiliki aturan yang sama dengan operasi penjumlahan, yaitu pembilang dikurangi dengan pembilang, sedangkan penyebutnya tetap. Operasi pengurangan di atas dapat kita lengkapi sebagai berikut.

Pengurangan Pecahan II

Bagaimana dengan operasi pengurangan pada pecahan-pecahan yang memiliki penyebut yang berbeda? Ya, seperti pada operasi penjumlahan, kita harus menyamakan penyebut dari pecahan-pecahan tersebut menjadi KPK-nya sebelum melakukan operasi pengurangan. Perhatikan beberapa contoh berikut!

Pengurangan Pecahan III

Pengurangan pecahan di atas dapat dimodelkan oleh gambar berikut.

Pengurangan Pecahan

Dari uraian di atas, apakah kamu sudah memahami operasi pengurangan pada pecahan? Okay, kalau sudah, sekarang waktunya untuk menyelesaikan permasalahan berikut.

Pemecahan Masalah

Perhatikan garis bilangan berikut!

Garis Bilangan

Dengan menggeser garis bilangan tersebut ke kiri atau ke kanan, tentukan hasil dari 3/4 – 1/2!

Pembahasan dari pemecahan masalah di atas dapat dilihat pada halaman arsip soal. Semoga bermanfaat, yos3prens.

Iklan

Tentang Yosep Dwi Kristanto

Tahun 2012 memulai blogging untuk menyediakan sumber belajar matematika online, yang semoga dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Pengagum pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Pos ini dipublikasikan di Kelas IV, Kelas V, Kelas VI, Materi SD dan tag , , , . Tandai permalink.

19 Balasan ke Pengurangan Pecahan

  1. Ping balik: Pengurangan Pecahan – Naa's Blog

  2. Sebrina berkata:

    Tolong donk bantu saya untuk mengerjakan pr

    Suka

  3. feri adrian berkata:

    kenapa bisa begitu

    Suka

  4. Riya berkata:

    aku ngerjain soal kayak itu juga kata guru ku salah,gimana sih salah apa bener

    Suka

  5. Adi berkata:

    anak saya mengerjakan soal pecahan seperti ini.. 12/19 – 9/29
    kemudian dia menjawab seperti ini.. 12/19 – 9/29 = 348/551 – 171/551 = 177/551
    akan tetapi oleh gurunya jawaban tersebut dianggap salah.. apakah memang salah atau benar?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s