Simetri Lipat

Sebelum mempelajari simetri lipat cobalah kamu mengambil kertas, kemudian lipatlah kertas tersebut. Pada lipatan kertas tersebut, cobalah untuk menggambar ruas-ruas garis yang yang saling berhubungan dan bermula serta berakhir di lipatan kertas tersebut. Perhatikan contoh berikut!

Melipat Kertas

Setelah itu, guntinglah kertas tersebut menurut ruas garis yang telah kamu buat. Apa yang kamu peroleh? Apabila kamu menggambar ruas-ruas garisnya sesuai dengan contoh di atas, kamu akan memperoleh potongan kertas seperti berikut.

Hasil Potongan

Apabila diperhatikan, potongan kertas yang diperoleh mempunyai dua bagian yang identik/sama. Kedua bagian tersebut dipisahkan oleh bekas lipatan kertas. Bekas lipatan kertas tersebut seolah-olah mencerminkan bagian yang satu ke bagian yang lain. Untuk membuktikannya, cobalah untuk mengukur sisi-sisi dari potongan kertas tersebut. Kamu akan menemukan pasangan-pasangan sisi yang sama panjang. Bangun datar yang memiliki 2 bagian yang identik tersebut selanjutnya disebut bangun datar yang simetris. Sedangkan bekas lipatan kertas yang memisahkan kedua bagian yang identik tersebut selanjutnya disebut sebagai sumbu simetri.

Simetris artinya kedua belah bagiannya sama atau setangkup. Sumbu simetri merupakan garis yang membagi bangun datar menjadi 2 bagian yang simetris.

Selanjutnya perhatikan beberapa bangun datar berikut!

Bangun Datar

Dari 3 bangun datar di atas, manakah yang simetris? Apabila bangun datar tersebut simetris, gambarlah sumbu simetrinya!

Bangun datar yang simetris adalah bangun datar nomor 1 dan 3. Sumbu simetri dari bangun datar tersebut dapat ditunjukkan oleh gambar berikut.

Bangun Datar Simetris

Semoga bermanfaat, yos3prens.

Iklan

Tentang Yosep Dwi Kristanto

Tahun 2012 memulai blogging untuk menyediakan sumber belajar matematika online, yang semoga dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Pengagum pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Pos ini dipublikasikan di Geometri, Kelas V, Materi SD, Topik Matematika dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s