Luas Permukaan Balok

Angel akan menghadiri acara ulang tahun temannya. Untuk itu ia akan mempersiapkan kado spesial untuk temannya. Bungkus kado tersebut berupa kardus berbentuk balok yang berukuran 30 cm × 60 cm × 20 cm. Apabila kertas kado yang disediakan di toko berukuran 50 cm × 50 cm, berapa banyak kertas kado yang harus dibeli oleh Angel untuk membungkus kardus tersebut?

Kardus Balok

Untuk memecahkan permasalahan Angel di atas, kalian harus menentukan luas permukaan balok terlebih dahulu. Agar lebih mudah untuk menentukan luas permukaan balok, kita potong balok tersebut menurut beberapa rusuknya sehingga terbentuk jaring-jaring seperti berikut!

Jaring-jaring Balok

Seperti yang diperlihatkan oleh jaring-jaring balok di atas, balok memiliki 3 pasang sisi yang kongruen. Satu pasang persegi panjang warna orange berukuran p × l, satu pasang persegi panjang warna kuning berukuran l × t, dan sepasang persegi panjang warna hijau berukuran p × t.

Luas permukaan balok merupakan jumlah dari luas semua sisinya. Sisi-sisi yang berwarna orange luasnya (p × l) + (p × l) = 2(p × l) satuan luas. Sisi-sisi yang berwarna kuning luasnya (l × t) + (l × t) = 2(l × t). Sedangkan sisi-sisi yang berwarna hijau luasnya (p × t) + (p × t) = 2(p × t). Sehingga luas permukaan balok adalah,

L = 2(p × l) + 2(l × t) + 2(p × t) = 2(p × l + l × t + p × t)

Kembali ke permasalahan Angel di awal, luas permukaan kardusnya adalah L = 2(30 × 60 + 60 × 20 + 30 × 20) = 2(1.800 + 1.200 + 600) = 2(3.600) = 7.200. Diperoleh luas permukaan kardus sebagai bungkus kado adalah 7.200 cm2. Sedangkan kertas kado per lembarnya memiliki luas 50 × 50 = 2.500 cm2.

Banyaknya kertas yang dibutuhkan merupakan pembagian luas permukaan kardus oleh luas kertas kado per lembarnya, 7.200 : 2.500 = 2,88. Karena pembelian kertas kado haruslah bulat, maka Angel harus membeli 3 lembar kertas kado untuk membungkus kadonya. Semoga bermanfaat, yos3prens.

Tentang Yosep Dwi Kristanto

Tahun 2012 memulai blogging untuk menyediakan sumber belajar matematika online, yang semoga dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Pengagum pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Pos ini dipublikasikan di Geometri, Kelas VIII, Topik Matematika dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s