Jaring-jaring Kubus

Sebelum membahas jaring-jaring kubus, bacalah permasalahan berikut.

Andre diundang untuk datang pada acara ulang tahun salah seorang temannya. Untuk itu dia harus mempersiapkan segala sesuatunya sehari sebelum acara tersebut dimulai, termasuk bungkus kadonya. Bungkus kado tersebut direncanakan akan berbentuk kubus, dan dibuat dengan menggunakan kertas karton. Bantulah Andre untuk mensketsa rancangan tersebut pada kertas karton agar rancangan tersebut dapat dibuat menjadi kubus tertutup!

Untuk membantu permasalahan Andre di atas, pilihlah satu dari empat rancangan berikut yang dapat digunakan untuk membuat kubus tertutup.

Jaring-jaring Kubus

Rancangan manakah yang menurutmu paling tepat? Ya, rancangan nomor 1 merupakan rancangan yang paling tepat untuk membuat kubus tertutup. Rancangan tersebut dinamakan jaring-jaring kubus.

Jaring-jaring kubus adalah sebuah bangun datar yang jika dilipat menurut ruas-ruas garis pada dua persegi yang berdekatan akan membentuk bangun kubus.

Kubus memiliki sebelas jaring-jaring. Berikut ini kesebelas jaring-jaring kubus yang bisa dibuat.

Jaring-jaring Kubus 1-2
Jaring-jaring Kubus 3-4
Jaring-jaring Kubus 5-6
Jaring-jaring Kubus 7-8
Jaring-jaring Kubus 9-10
Jaring-jaring Kubus 11

Untuk lebih memahami mengenai jaring-jaring kubus, perhatikan contoh soal berikut.

Contoh Soal

Berikut ini adalah gambar dari kubus yang 3 sisinya diberi tanda warna ungu.

Kubus

Tentukanlah jaring-jaring kubus tersebut apabila kubus tersebut dipotong menurut rusuk-rusuk yang berwarna merah!

Pembahasan

Untuk memudahkan dalam membuat jaring-jaring kubus yang dimaksud, kita dapat memberi nama kubus tersebut sebagai kubus ABCD.EFGH.

Kubus ABCD.EFGH

Sehingga jaring-jaring yang terbentuk adalah sebagai berikut.

Jaring-jaring Kubus ABCD.EFGH

Untuk menguji kebenaran jaring-jaring yang telah dilukis, kita perhatikan titik-titik sudut yang dilalui oleh bingkai daerah yang berwarna ungu. Bingkai tersebut hanya melalui titik-titik B, E, dan G, serta titik-titik tengah rusuk FB, FG, dan FE (Perhatikan kubus ABCD.EFGH). Sekarang perhatikan jaring-jaring yang kubus ABCD.EFGH di atas. Bingkai daerah ungu tersebut juga hanya melalui titik-titik B, E, dan G, serta titik-titik tengah rusuk FB, FG, dan FE.

Selain itu, pada soal meminta kita untuk memotong kubus menurut rusuk-rusuk yang berwarna merah. Rusuk-rusuk yang dimaksud adalah rusuk-rusuk AB, FB, EF, CG, FG, EH, dan DH. Karena ketujuh rusuk tersebut tidak memisahkan dua sisi pada jaring-jaring yang telah dilukis, maka jaring-jaring tersebut sesuai yang diperintahkan oleh soal. Semoga bermanfaat, yos3prens.

Tentang Yosep Dwi Kristanto

Tahun 2012 memulai blogging untuk menyediakan sumber belajar matematika online, yang semoga dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Pengagum pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Pos ini dipublikasikan di Geometri, Kelas VIII, Materi SMP, Topik Matematika dan tag , . Tandai permalink.

34 Balasan ke Jaring-jaring Kubus

Tinggalkan komentar