Melukis Grafik Fungsi Tangen

Pada grafik fungsi f(x) = sin x dan g(x) = cos x, nilai y-nya tidak akan kurang dari –1 dan tidak akan lebih dari 1. Bagaimana dengan grafik fungsi h(x) = tan x? Seperti kita ketahui, tan x = sin x / cos x. Untuk x = 60°, maka tan 60° = sin 60° / cos 60° = (1/2 √3) / (1/2) = √3 = 1,7320 > 1. Bagaimana dengan tan 90°? Karena cos 90° = 0, maka tan 90° tidak terdefinisi. Sehingga, x = 90° tidak memiliki pasangan di sumbu-y.

Untuk melukis grafik fungsi tangen, kita sebaiknya mendaftar pasangan-pasangan berurutan x dan y yang memenuhi y = tan x. Setelah itu plotlah pasangan-pasangan berurutan tersebut pada koordinat Cartesius dan lukislah kurva halus yang melalui titik-titik (pasangan-pasangan berurutan) tersebut. Untuk lebih memahami dalam melukis grafik fungsi h(x) = tan x, perhatikan ilustrasi berikut.

Grafik Tangen

Dari ilustrasi di atas, kita menggunakan lingkaran satuan untuk menemukan pasangan dari nilai-nilai absisnya. Cara seperti ini telah kita lakukan untuk melukis grafik fungsi trigonometri lainnya, yaitu grafik fungsi sinus dan cosinus pada pembahasan sebelumnya. Semoga bermanfaat, yos3prens.

Iklan

Tentang Yosep Dwi Kristanto

Tahun 2012 memulai blogging untuk menyediakan sumber belajar matematika online, yang semoga dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Pengagum pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Pos ini dipublikasikan di Kelas X, Materi SMA, Perangkat Pembelajaran, Topik Matematika, Trigonometri dan tag , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Melukis Grafik Fungsi Tangen

  1. hakiim99 berkata:

    Info yang sangat bermanfaat 😀

    Suka

  2. umi habibah berkata:

    🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s