Ilustrasi Grafik Fungsi Trigonometri

Grafik sinus dan cosinus dapat dilukis dengan memplot beberapa titik yang memenuhi fungsi tersebut. Misalkan titik-titik (0°, 0), (45°, 1/2 √2), (90°, 1) untuk fungsi f(x) = sin x dan titik-titik (0°, 1), (45°, 1/2 √2), (90°, 0) untuk fungsi f(x) = cos x. Untuk memplot titik-titik tersebut dapat digunakan lingkaran satuan sebagai panduan.

Berikut ini merupakan ilustrasi dari tracing titik-titik yang memenuhi fungsi f(x) = sin x dengan bantuan lingkaran satuan.

Ilustrasi Sinus

Dari ilustrasi di atas dapat dilihat bahwa grafik fungsi f(x) = sin x merupakan kumpulan titik-titik yang nilai ordinatnya dapat ditentukan dengan bantuan lingkaran satuan. Bagaimana dengan grafik fungsi f(x) = cos x? Apakah lingkaran satuannya sama dengan lingkaran satuan grafik fungsi f(x) = sin x? Perhatikan ilustrasi berikut.

Ilustrasi Cosinus

Dari lustrasi di atas diperoleh bahwa lingkaran satuan dari grafik fungsi f(x) = cos x berbeda dengan lingkaran satuan milik grafik fungsi f(x) = sin x. Lingkaran satuan milik grafik fungsi f(x) = cos x, sudutnya diukur dari jari-jari vertikal dari lingkaran tersebut. Penghitungan sudutnya diukur searah putaran jarum jam. Semoga bermanfaat, yos3prens.

Tentang Yosep Dwi Kristanto

Tahun 2012 memulai blogging untuk menyediakan sumber belajar matematika online, yang semoga dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Pengagum pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Pos ini dipublikasikan di Kelas X, Materi SMA, Perangkat Pembelajaran, Topik Matematika, Trigonometri dan tag , , , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Ilustrasi Grafik Fungsi Trigonometri

  1. Loren berkata:

    Sangat beruntung bagi saya

    Suka

  2. Muriyati berkata:

    Sangat membantu siswa mengenal dan menggambar grafik fungsi trigonometri.terimakasih. saya suka!

    Suka

  3. Chrievan Axel berkata:

    Keren Ilustrasi Grafiknya,
    Buatnya pakai Program ap ?,,Terima kaih

    Suka

  4. umi habibah berkata:

    🙂

    Suka

  5. Ping balik: Melukis Grafik Fungsi Tangen | Pendidikan Matematika

Tinggalkan komentar