Bedah Artikel: “Using Tiered Explorations to Promote Reasoning”

Artikel dengan judul “Using Tiered Explorations to Promote Reasoning” ini ditulis oleh Cory A. Benett, seorang asisten profesor pendidikan matematika di Idaho State University, Pocatello dan seorang guru yang tersertifikasi ketika masa mudanya. Secara garis besar, artikel ini membahas tentang CSMI, mengapa CSMI, dan bagaimana implementasinya di kelas.

Garis Besar CSMI

CSMI kependekan dari Crime Scene for Mathematics Investigation, merupakan proses pembelajaran kooperatif yang membiarkan siswa memilih sendiri strategi dalam bereksplorasi secara matematis berdasarkan pemahaman dan kesediaan mereka masing-masing. Pada intinya, siswa memilih sendiri rekan kelompoknya untuk membahas topik tertentu, sehingga diciptakan suatu diskusi kelompok yang saling mendukung antar anggota kelompok untuk memecahkan suatu permasalahan.

Detectives

Sesuai kepanjangannya, CSMI mengadopsi proses pemecahan masalah yang dilakukan oleh para detektif atau polisi. Ada 3 bagian pada proses pembelajaran ini, yaitu Yellow Tape, Detectives,  dan Forensics. Berikut ini penjelasan mengenai bagian-bagian CSMI tersebut.

  • Bagian Yellow Tape merupakan bagian dasar dalam memecahkan permasalahan.
  • Bagian Detectives fokus pada permasalahan yang lebih rumit.
  • Bagian Forensics melibatkan permasalahan yang kompleks, yang sering membutuhkan kombinasi dari beberapa kemampuan matematika dalam memecahkan suatu permasalahan.

Kesemua bagian ini diberikan kepada siswa dalam satu topik, misalkan topik teorema Pythagoras seperti berikut ini.

Yellow Tape
Mengawali perjalanan dari suatu pelabuhan, sebuah kapal berlayar ke barat sejauh 4 mil, kemudian berlayar ke selatan sejauh 9 mil, dan kemudian berlayar ke barat sejauh 10 mil. Berapa jauhkah kapal tersebut dari pelabuhan setelah menempuh perjalanan tersebut?

Detectives
Seekor lalat hinggap di pojok kotak gula yang berbentuk kubus. Volume kotak tersebut adalah 1 inci kubik. Apabila lalat tersebut berjalan ke pojok kotak yang berlawanan, lintasan apakah yang mungkin dilalui oleh lalat tersebut? Dari lintasan-lintasan yang mungkin tersebut, berapakah panjang lintasan terpendek yang dilalui lalat?

Kotak Gula

Forensics
Sebilah pisau digunakan untuk memotong bagian atas buah jeruk yang berbentuk bola, 4 cm dari tengah buah jeruk tersebut. Jeruk tersebut memiliki jari-jari 5 cm. Berapakah luas dari daerah lingkaran yang diakibatkan oleh potongan pisau tersebut?

Buah Jeruk

Ketiga contoh permasalah pada tiap bagian dari CSMI di atas menunjukkan tiga macam permasalahan teorema Pythagoras. Dari ketiga bagian CSMI tersebut, siswa diminta untuk:

  1. Memilih bagian yang paling sesuai dengan kesiapan masing-masing siswa.
  2. Bertanggung jawab satu sama lain.

Pilihan Siswa

Masa remaja merupakan periode perkembangan dasar siswa dari sisi sosial, emosi, dan kognitif dalam mencari kesempatan untuk lebih mandiri. Memperkenankan siswa untuk memilih pengalaman belajarnya sendiri merupakan salah satu cara untuk memberikan kesempatan tersebut. Pilihan merupakan hal penting dalam membantu siswa untuk menjadi matematikawan yang terampil dan kompeten karena siswa akan semakin termotivasi, semakin aktif dan terlibat dalam pembelajaran.

Pemberian pilihan tersebut akan megakibatkan pembelajaran lebih aktif. Menjadi rahasia umum bahwa kemampuan siswa merupakan hal yang beragam. Sehingga ada siswa yang memilih bagian 1, bagian 2, atau bagian 3. Apabila siswa tersebut mengalami kesulitan dalam diskusi kelompok yang membahas suatu bagian tertentu, siswa dapat berpindah ke kelompok yang membahas bagian yang lebih mudah. Sebaliknya, apabila siswa sudah selesai dalam memecahkan masalah pada bagian tertentu, ia dapat berpindah ke kelompok yang membahas permasalahan yang lebih kompleks pada bagian berikutnya.

Tanggung Jawab Siswa

Matematika merupakan usaha sosial. Siswa dalam kelompok dapat saling berpendapat dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi. Pendapat ini bisa berupa solusi, penyanggahan, ataupun penguatan dari pendapat temannya. Mereka dapat saling percaya kepada teman kelompoknya. Pendapat tersebut dapat dicontohkan pada diskusi siswa berikut.

The radius of the slice can’t be 5 because then it would be the size circle as the other one.

Kemudian, satu siswa lain berpendapat seperti berikut.

I know. What if we just think of it as plain circle and not a sphere? Couldn’t we just make this part be the hypotenuse?

Pada diskusi tersebut, seorang siswa memberikan pendapat/ide yang sangat penting. Jari-jari dari lingkaran merupakan sisi miring dari segitiga siku-siku, dengan jarak antar lingkaran merupakan salah satu sisi segitiga. Sedangkan sisi lain merupakan jari-jari dari lingkaran yang panjangnya akan dicari. Sehingga apabila jari-jari dapat ditentukan, maka luas dari lingkaran akibat potongan pisau dapat ditentukan.

Jawaban Siswa

Prosedur CSMI

Walaupun CSMI mungkin bisa berbeda antara kelas yang satu dengan yang lain, empat prosedur dasar dalam implementasi CSMI adalah sebagai berikut.

  1. Mengidentifikasi tujuan pembelajaran.
  2. Memilih permasalahan yang akan diberikan pada siswa.
  3. Memuncukan petunjuk pembelajaran.
  4. Menyesuaikan instruksi.

Versi asli dari artikel ini dapat dilihat seperti di bawah ini.

Semoga bermanfaat, yos3prens.

Iklan

Tentang Yosep Dwi Kristanto

Tahun 2012 memulai blogging untuk menyediakan sumber belajar matematika online, yang semoga dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Pengagum pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s