Program Linear: Model Matematika

Pertidaksamaan linear dapat digunakan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat dilakukan dengan memodelkan masalah tersebut ke dalam model matematika. Sebagai contoh perhatikan permasalahan berikut ini.

Pak Budi adalah seorang pedagang roti. Beliau menjual roti menggunakan gerobak yang hanya dapat memuat 600 roti. Roti yang dijualnya adalah roti manis dan roti tawar dengan harga masing-masing adalah Rp 5.500,00 dan Rp 4.500,00 per bungkusnya. Dari penjualan roti ini, beliau memperoleh keuntungan Rp 500,00 dari sebungkus roti manis dan Rp 600,00 dari sebungkus roti tawar. Apabila modal yang dimiliki oleh Pak Budi adalah Rp 600.000, buatlah model matematika dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya!

Permasalah di atas dapat dimodelkan dalam bentuk matematika dengan menggunakan sistem pertidaksamaan linear dua variabel. Dengan memisalkan banyaknya roti manis dan roti tawar secara berturut-turut sebagai x dan y, maka diperoleh tabel sebagai berikut.

Tabel Model Matematika

Sehingga apabila dituliskan dalam bentuk sistem pertidaksamaan akan menjadi seperti berikut ini.

x + y ≤ 600,
5.500x + 4.500y ≤ 600.000,
Untuk x, y anggota bilangan cacah, x ≥ 0, y ≥ 0

Dua pertidaksamaan yang terakhir (baris ketiga) menunjukkan syarat dari nilai x dan y. Karena x dan y secara berturut-turut menyatakan banyaknya roti, maka tidak mungkin nilai x dan y bernilai negatif.

Perhatikan kolom keempat dari tabel di atas. Kolom keempat tersebut menyatakan fungsi yang akan ditentukan nilai maksimumnya (nilai optimum). Fungsi tersebut dapat dituliskan dalam persamaan matematika sebagai berikut.

f(x,y) = 500x + 600y

Tujuan dari permasalahan ini adalah mencari nilai x dan y yang menjadi anggota himpunan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan, serta membut fungsi f(x,y) = 500x + 600y bernilai optimum (maksimum).

Ya, kita telah berhasil merumuskan masalah di atas ke dalam suatu model matematika. Dari ilustrasi di atas, dapatkah kalian menyimpulkan pengertian dari model matematika?

Model matematika adalah suatu cara sederhana untuk menerjemahkan suatu masalah ke dalam bahasa matematika dengan menggunakan persamaan, pertidaksamaan, atau fungsi.

Semoga bermanfaat, yos3prens.

Tentang Yosep Dwi Kristanto

Tahun 2012 memulai blogging untuk menyediakan sumber belajar matematika online, yang semoga dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Pengagum pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Pos ini dipublikasikan di Kelas XII, Materi SMA, Perangkat Pembelajaran dan tag , , , . Tandai permalink.

9 Balasan ke Program Linear: Model Matematika

  1. Dorima Rita berkata:

    terimakasih ya ilmunya telah dibagi

    Suka

  2. tri agustina berkata:

    Dua jenis logam X dan Y terdiri atas logam A, B, C. Satu kilogram logam campuran X terdiri atas 0,5 ons logam A, 3 ons logam B, dan 2 ons logam C. Satu kilogram campuran Y terdiri atas 2 ons logam A, 3 ons logam B, 5 ons logam C. Logam M dibuat semurah murahnya dari logam X dan Y, sedemikian sehingga sekurang kurangnya terdiri atas 6 kg logam A, 7,2 kg logam B, dan 6 kg logam C. Jika harga logam X RP4.000,00/kg dan harga logam T RP2.000,00/kg, harga minimum logam campuran adalah..

    Suka

  3. Dwesti Lesie Lestari berkata:

    Makasih kakak sudah membantu perkerjaan kami😄

    Suka

  4. rini agustina nasution berkata:

    thank’s ya kak membantu kali

    Disukai oleh 1 orang

  5. Ping balik: model matematika | nevi571

  6. VynnaELF berkata:

    Makasih 🙂

    Suka

  7. vidy chanzu berkata:

    terima kasih kakak… ini sangat membantu..

    Suka

  8. Ping balik: 10 Soal dan Pembahasan Permasalahan Proram Linear | Pendidikan Matematika

Tinggalkan komentar