Melukis Grafik Fungsi Trigonometri

Grafik dari fungsi trigonometri berbentuk kurva periodik. Hal ini dapat dibuktikan dengan bantuan turunan (tidak dibuktikan di sini). Untuk fungsi sinus dan cosinus, grafiknya memiliki nilai maksimum dan minimum. Hal ini dikarenakan nilai dari y = sin A dan y = cos B memiliki nilai maksimum 1, dan nilai minimum – 1. Berikut ini ditunjukkan langkah-langkah untuk menggambar grafik y = sin x.

  1. Tentu saja lukislah diagram Cartesius pada kertas berpetak. Kemudian daftarlah sudut-sudut istimewa untuk dijadikan nilai x, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
    Tabel Sinus
  2. Lukislah titik-titik pasangan berurutan (x, y) di atas pada koordinat Cartesius.
    Melukis Grafik Fungsi Trigonometri 2
  3. Hubungkan titik-titik tersebut dengan kurva halus (kontinu).
    Melukis Grafik Fungsi Trigonometri 3

Langkah-langkah di atas merupakan cara untuk melukis grafik fungsi y = sin x. Untuk membuat grafik fungsi trigonometri yang lain, lakukan langkah-langkah yang serupa. Bagaimana melukis grafik fungsi sinus yang “dimodifikasi”? Misalnya, y = sin x + 1, y = 3 sin x, y = sin 2x, dan y = 3 sin 2x. Perhatikan “Tips dan Trik” berikut.

Tips dan Trik Melukis Grafik Fungsi Trigonometri yang Dimodifikasi

Dalam melukis grafik fungsi trigonometri yang dimodifikasi, akan digunakan proses tranformasi. Misalkan untuk fungsi y = sin x + c. Grafik fungsi tersebut merupakan hasil perpindahan y = sin x ke atas c satuan. Sedangkan grafik fungsi y = a sin x merupakan hasil peninggian grafik fungsi y = sin x, a kali. Jika a negatif, grafiknya dicerminkan terhadap sumbu x. Untuk grafik fungsi y = sin (x + b) merupakan hasil pemindahan grafik fungsi y = sin x ke kiri sejauh b satuan. Grafik fungsi y = sin mx merupakan hasil pelebaran dari grafik fungsi y = sin mx, 1/m kali. Untuk m negatif, grafik dicerminkan terhadap sumbu x.

Untuk lebih memahami transformasi fungsi trigonometri, perhatikan ilustrasi melukis grafik fungsi y = –3 sin (–2x + π) + 1 berikut ini.

Melukis Grafik Fungsi Trigonometri

Semoga bermanfaat, yos3prens.

Tentang Yosep Dwi Kristanto

Tahun 2012 memulai blogging untuk menyediakan sumber belajar matematika online, yang semoga dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Pengagum pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Pos ini dipublikasikan di Kelas X, Perangkat Pembelajaran, Topik Matematika, Trigonometri dan tag , , , , . Tandai permalink.

10 Balasan ke Melukis Grafik Fungsi Trigonometri

  1. Ping balik: Melukis Grafik Fungsi Trigonometri – YP. BERSAMA BERASTAGi

  2. Rizqi Maisaroh berkata:

    Hubungan antara grafik f(x) = sinx dengan f(x)=2sinx dan f(x)= 3sinx apa ?

    Suka

  3. mutiara miyagi berkata:

    kalau gabungan gambar grafik trigonometri dri sinus,cosinus,dan tan gimana sih?aku masih bingung

    Suka

  4. terimakasih atas jawabannya 🙂 saya bisa kasi tau ini ke teman teman ^^

    Suka

  5. fuzi berkata:

    langkah awal membuat grafikfungsi di geogebra gimanasih, aku masih gak ngerti, kok hasilnya bisa kayak animasi gitu ya

    Suka

  6. harry berkata:

    Gmbr grafik Selain kya gitu, gimana lagi sih?? Dan soalnya gimana??

    Suka

    • yos3prens berkata:

      Gambar grafik dari fungsi sin dan cos berbentuk kurva bergelombang seperti contoh di atas. Yang membedakan hanyalah di periode & amplidtudonya. Contoh soal biasanya, kita diminta menggambar grafik fungsi sin 2x, sin (90 + x), sin -4x, 4sin (x + 180), dsb. . .

      Suka

  7. Ping balik: Melukis Grafik Fungsi Cosinus | Pendidikan Matematika

  8. herwindha berkata:

    makasih… mudah d mengerti jga

    Suka

Tinggalkan komentar