Lingkaran adalah kumpulan semua titik pada bidang datar yang memiliki jarak sama terhadap titik tertentu. Titik tertentu tersebut selanjutnya disebut titik pusat. Lingkaran dinamai berdasarkan titik pusatnya. Berikut ini adalah lingkaran-lingkaran yang berpusat di titik O dan L, sehingga lingkaran-lingkaran tersebut secara berturut-turut dinamai dengan lingkaran O dan lingkaran L.
Yang dimaksud luas lingkaran adalah luas daerah dalam lingkaran, suatu daerah yang terletak di dalam lingkaran. Untuk menemukan luas lingkaran, dapat dilakukan kegiatan berikut ini:
- Lukislah (dengan menggunakan jangka) suatu lingkaran pada kertas karton. Warnai daerah dalam lingkaran tersebut.
- Potong lingkaran yang telah dilukis tersebut. Setelah terpotong, lipat lingkaran tersebut sehingga menghasilkan setengah lingkaran. Untuk kedua kalinya, lipat setengah lingkaran tersebut menjadi seperempat lingkaran. Untuk ketiga kalinya, lipat seperempat lingkaran tersebut menjadi seperdelapan lingkaran. Dan untuk terakhir kalinya, lipat seperdelapan lingkaran tersebut sehingga menjadi seperenambelas lingkaran.
- Kembalikan lipatan tersebut seperti sedia kala. Kemudian potong lingkaran tersebut menurut tanda lipatan yang telah dihasilkan. Potongan-potongan yang dihasilkan merupakan salah satu bagian lingkaran, yang disebut juring lingkaran.
- Susun juring-juring yang dihasilkan sehingga menghasilkan jajar genjang seperti tampak pada gambar berikut.
Perhatikan bahwa pada langkah 4, dihasilkan suatu bangun datar yang disebut jajar genjang. Sehingga luas lingkaran yang dimaksud sama dengan luas jajar genjang dengan panjang alas πr (setengah keliling lingkaran) dan tingginya r. Diperoleh luas lingkaran, L = (πr) x r = πr2.
Luas lingkaran dinyatakan oleh rumus L = πr2, dengan L adalah luas dan r adalah jari-jari lingkaran.
Ilustrasi berikut ini merupakan rangkuman dalam menemukan rumus luas lingkaran.
Semoga bermanfaat, yos3prens.
mengapa alasnya bisa setengah lingakaran?
SukaSuka
Kak. Mau tanya. Caranya buat animasi gif seperti diatas bagaimana ya? Pakai program apa? Terimakasih sebelumnya.
SukaSuka
mengapa alasnya bisa setengah lingakaran
SukaSuka
terimaksih bayak
SukaSuka
mas, bagaimana asal mula kita mengajarkan murid untuk menemukan nilai π (3,14) ….
krna ada murid bertanya π itu apa ?
terimakasih sebelumny.
SukaSuka
Caranya dengan membandingkan keliling lingkaran dengan diameter lingkaran.
Coba minta siswa membuat lingkaran menggunakan jangka. Ukur diamater menggunakan penggaris. Gunakan benang untuk mengukur keliling lingkaran. Lalu panjang benang diukur menggunakan penggaris.
Bandingkan hasil diamater deng keliling.
SukaSuka
mas beritahu saya donk rumus luas trapesium!
SukaSuka
Jika t merupakan tinggi trapesium, sedangkan a dan b secara berturut-turut merupakan panjang sisi atap dan alasnya (sisi-sisi yang sejajar), maka luas trapesium dirumuskan dengan
L = t/2 (a + b).
SukaSuka
mantapya adobe Fleshnya…
buat gambar yang lainnya pakai flesh aja biar tambah menarik mas…
SukaSuka
Tks. Semua gambar animasi dari blog ini memang kami buat di Adobe Flash. . .
SukaSuka
Ping balik: Menemukan Luas Lingkaran – part 1 « Noviana De Be
mas, pake software apa buat gambar yg terakhir?
SukaSuka
Itu pakae Adobe Flash, Mbak. Animasinya saya ekspor jadi gambar GIF. . .
SukaSuka
mantap pren…ijin kopy ya…ada yang lain???
SukaSuka
Tks. Ya silahkan dicopy. Megenai materi lingkaran lainnya, silahkan kunjungi: http://wp.me/P11ok2-9P
SukaSuka