Bedah Artikel: “Examining the Critical Areas in Grades 5 and 6”

CoverArtikel dengan judul Examining the Critical Areas in Grades 5 and 6 ini disusun oleh Drew Polly, seorang asisten profesor di Department of Reading and Elementary Education, University of North Carolina in Charlotte. Artikel ini membahas bagaimana tindakan guru dan pemberian tugas kepada siswa secara bersama-sama dapat memenuhi CCSSM (kompetensi dasar) serta SMP (standar untuk praktik Matematika). Di dalam artikel ini juga diberikan contoh penugasan yang dapat digunakan oleh guru kelas 5 dan 6 untuk mengintegrasikan CCSSM dan SMP.

Penugasan yang Menuntut Kemampuan Ranah Kognitif

Operasi Penjumlahan Pecahan

Berikut ini adalah permasalahan Tupelo Township, berupa gambar daerah yang dibagi-dibagi menjadi beberapa bagian yang tidak sama. Penugasan ini didesain untuk (1) membantu siswa memahami mengapa digunakan penyebut yang sama untuk menjumlahkan pecahan, (2) memberikan contoh penerapan penjumlahan pecahan dalam kehidupan sehari-hari, dan (3) memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan perkalian dalam pecahan. Berikut ini permasalahan Tupelo Township tersebut:

Tupelo Township Problem

Dari gambar di atas, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  1. Berapa bagian yang dimiliki oleh masing-masing orang?
  2. Temukan kelompok orang yang jika tanahnya digabung diperoleh 1½. Berikan alasan yang mendukung jawabanmu.
  3. Bouck dan Lapp menyatakan bahwa jika tanah mereka digabung, maka bagiannya sama dengan bagian tanah Foley. Berikan alasanmu untuk menentukan kebenaran dari pernyataan tersebut.
  4. Temukan 3 orang yang jika bagian tanahnya digabung maka akan sama dengan bagian tanah yang dimiliki seorang yang lain. Kemukakan juga gagasan yang mendukung jawabanmu tersebut.

Operasi Pembagian Pecahan

Scooping Trail Mix adalah permasalahan yang meminta siswa untuk bereksplorasi mengenai pembagian pecahan. Berikut ini adalah permasalahan Scooping Trail Mix tersebut:

Scooping Trail Mix Problem

Kesimpulan

Penugasan kognitif memberikan komponen penting dalam pelaksanaan CCSSM di kelas 5 dan 6. Tugas-tugas ini membuat para siswa lebih memahami konsep eksplorasi, proses, dan hubungan. Tugas semacam ini memungkinkan siswa untuk memenuhi Standar Isi dan Standar Praktik Matematika dalam pemecahan masalah.

Demikian ulasan singkat penulis mengenai artikel Examining the Critical Areas in Grades 5 and 6, jika Anda ingin melihat artikel secara lebih lengkap silahkan baca artikel tersebut di bawah ini.

Semoga bermanfaat, yos3prens.

Iklan

Tentang Yosep Dwi Kristanto

Tahun 2012 memulai blogging untuk menyediakan sumber belajar matematika online, yang semoga dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Pengagum pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s