Lima Hal yang Membuat Presentasi Anda Memiliki ‘Power’

slide:ologyBuku dengan judul slide:ology yang dikarang oleh Nancy Duarte merupakan buku yang bagus bagi Anda yang sering melakukan presentasi. Dalam buku ini membahas segala sesuatu mengenai pembuatan presentasi yang luar biasa. Salah satu bab dalam buku ini yang menarik adalah pada bab 12, yaitu ‘Manifesto: The Five Theses of the Power of a Presentation.

Dalam bab 12 ini, ada 5 hal yang perlu Anda lakukan untuk membuat presentasi Anda memiliki power. Hal tersebut juga berlaku jika Anda adalah seorang guru yang akan memberikan pembelajaran dengan menggunakan media presentasi kepada siswa Anda. Kelima hal tersebut dijelaskan sebagai berikut:

  1. Treat Your Audience As King (Perlakukan Siswa Anda Seperti Raja)
    Siswa datang ke presentasi Anda tidak untuk melihat Anda, melainkan mereka mencari tahu apa yang dapat Anda lakukan untuk mereka. Presentasi Anda sukses apabila Anda dapat memberikan alasan kenapa mereka harus menyediakan waktu untuk datang ke presentasi Anda, dengan menyediakan konten presentasi yang beresonansi, dan dapat memastikan dengan jelas apa yang akan mereka lakukan selanjutnya.
  2. Spread Ideas and Move People (Sebarkan Ide dan Gerakkan Audiens Anda) Menciptakan ide-ide besar adalah apa yang akan Anda lakukan; tetapi membuat orang mempercayai, menggunakan, dan merasa memiliki kepentingan terhadap ide kita adalah bagian yang tersulit. Komunikasikan ide/konsep yang akan Anda ajarkan dengan menggunakan bahasa visual yang kuat agar dapat ditangkap oleh semua indera siswa, dan dengan sendirinya mereka akan mengadopsi ide mereka sendiri.
  3. Help Them See What You’re Saying (Bantu Siswa Anda untuk Melihat Apa yang Anda Katakan)
    Pengalaman luar biasa dari siswa datang karena adanya kejelasan. Bantulah siswa Anda mengerti dan memahami apa yang Anda bicarakan dengan menggunakan visualisasi yang mendukung.
  4. Practice Design, Not Decoration (Desain Presentasi Anda, Bukan Mendekorasinya)
    Jangan hanya memberikan poin-poin dari presentasi Anda, melainkan desainlah informasi Anda agar sekompleks apapun informasi Anda, siswa dapat menangkap informasi Anda.
  5. Cultivate Healthy Relationships (Jalinlah Hubungan yang Baik)
    Sebuah hubungan yang bermakna antara Anda, slide Anda, dan siswa akan menciptakan sebuah hubungan yang baik antara konten presentasi dengan siswa. Sehingga buatlah informasi yang dekat dengan keseharian siswa.
Manifesto: The Five Theses of the Power of a Presentation

Demikian pembahasan mengenai bab 12 dari buku slide:ology. Semoga informasi ini dapat memberikan pengetahuan yang membangun bagi Anda. Semoga bermanfaat, yos3prens.

Tentang Yosep Dwi Kristanto

Tahun 2012 memulai blogging untuk menyediakan sumber belajar matematika online, yang semoga dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Pengagum pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s