Memanfaatkan Teknologi Internet dalam Pembelajaran Matematika

Internet dan Pemebelajaran MatematikaInternet dapat digolongkan sebagai salah satu ‘kebutuhan pokok’ pada masa globalisasi seperti sekarang ini. Sudah banyak sekolah di Indonesia yang sudah memiliki fasilitas internet gratis. Untuk itu, fasilitas internet yang tersedia seharusnya dimanfaatkan demi kelancaran maupun kemajuan pembelajaran. Dengan adanya internet memungkinkan guru untuk melakukan pembelajaran yang lebih efektif dan menarik. Seperti yang diungkapkan oleh Bill Gates dalam artikelnya, “I believe technology can help teachers be more effective and make learning more interesting.”

Sekarang sudah banyak website yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran, di antaranya adalah Dropbox, Google Drive, SkyDrive, Slideshare, dan ClassMarker. Empat website pertama merupakan website yang digunakan sebagai tempat penyimpanan file. Sedangkan ClassMarker digunakan untuk membuat tes secara online.

Internet dan Pembelajaran Matematika

Website tempat penyimpanan file seperti yang disebutkan di atas, dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran Matematika. Misalnya, website tersebut digunakan untuk menyimpan Lembar Kerja Siswa (LKS) kemudian dikolaborasikan kepada siswa. Sehingga, sebelum pembelajaran berlangsung siswa sudah mendapat LKS tersebut untuk dipelajari. Atau bahkan untuk file-file tertentu, pdf form misalnya, dapat diedit oleh siswa kemudian dicetak dan diberikan kepada guru ketika pembelajaran berlangsung.

Selain itu media penyimpanan tersebut juga dapat digunakan sebagai kolaborasi antar guru. Sesama guru  Matematika dapat saling bertukar ide dan pikiran kemudian mengedit file yang telah diupload di media penyimpanan tersebut. Sehingga akan dihasilkan suatu perangkat pembelajaran yang lebih baik.

Media sosial, seperti Facebook dan Google Plus, juga dapat dapat dimanfaatkan sebagai sarana pendukung pembelajaran. Media sosial dapat dimanfaatkan sebagai tempat diskusi guru dengan siswa, siswa dengan siswa, maupun guru dengan guru. Sehingga selain pembelajaran di kelas, pembelajaran dapat dilakukan secara jarak jauh dengan menggunakan media sosial, misalnya dengan menggunakan video conference di Google Plus.

Ketika pembelajaran sudah selesai, maka tes adalah alat untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. ClassMarker adalah website yang dapat digunakan untuk membuat tes secara online. Untuk teknis membuat tes secara online dapat dilihat di sini.

Demikian ulasan penulis mengenai internet dan pembelajaran Matematika. Semoga bermanfaat, yos3prens.

Iklan

Tentang Yosep Dwi Kristanto

Tahun 2012 memulai blogging untuk menyediakan sumber belajar matematika online, yang semoga dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Pengagum pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Memanfaatkan Teknologi Internet dalam Pembelajaran Matematika

  1. Kang Arif berkata:

    Great!
    Saat ini memang internet telah mengalami perkembangan fungsi yg luas. Tak hanya dlm bidang pendidikan, dlm aspek sosial dan bisnis jg tak bisa lepas dr teknologi ini.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s