Seni Geometris

Alam menampilkan tak hingga banyaknya bentuk geometris, dari yang paling kecil atom sampai yang paling besar adalah galaksi spiral. Kristal padat, sarang lebah, butiran salju, susunan biji bunga matahari, jaring laba-laba, dan segibanyak beraturan yang ditemukan pada beberapa bentuk dasar beberapa bunga adalah beberapa karya geometris alam.

Linkaran

Lingkaran

Geometri mencakup kajian sifat-sifat dari bangun-bangun seperti lingkaran, segienam, dan segilima. Bingkai matahari dan bulan merupakan bangun lingkaran. Riak air yang diperoleh ketika pelemparan batu ke dalam air kolam yang tenang dan cincin pertumbuhan dari pohon merupakan bentuk-bentuk lingkaran yang konsentris. Bentuk segienam sering tampak pada obyek anorganik alam. Kepingan-kepingan salju dan struktur kristal lainnya memiliki bentuk segienam sebagai bentuk geometri dasarnya. Bentuk segilima adalah salah satu bentuk dari beberapa makhluk organik. Bintang laut adalah salah satu organisme yang memilik bentuk segilima.

Beberapa orang telah mengobservasi pola-pola geometris yang ada di alam dan memasukkan pola-pola tersebut dalam berbagai bentuk seni. Mandalas dan desain knot (knot designs) adalah bentuk seni geometris yang muncul pada beberapa kebudayaan di seluruh dunia dari awal sejarah sampai sekarang. Desain mandala yang berbentuk lingkaran, digunakan oleh masyarakat Hindu di India sebagai meditasi, juga ditemukan pada kalender batu Aztec, jendela gereja-gereja Eropa, dan desain Islamik pada Moslems of North Africa. Desain knot ditemukan di Afrika, Skotlanda utara (seni Celtic), dan pada kisi desain Jepang dan Cina.

The Celtic Design Book

The Celtic Design Book, Rebecca McKillip, Stemmer House Publishers, 1994

Selama Renaisans terdapat kebangkitan pada menggambar aliran realistik. Artis besar seperti Leonardo da Vinci, Albrecht Durer, dan Raphael of Urbino berusaha untuk menggambarkan hubungan spasial di atas kanvas mereka seolah-olah mereka sedang melihat melalui jendela. Seniman renaisans beralih ke geometri sebagai wawasan dalam mengembangkan teknik mereka.

Victor Vasalery

Victor Vasalery, Courtesy of the Artist

Seni modern yang mencakup seni optis (art op), adalah seni yang sangat geometris. Victor Vasarely adalah artis op terkenal yang sangat tertarik terhadap geometri. Artis Belanda, M. C. Escher, adalah artis abad ke-20 yang dalam karya-karyanya menunjukkan ketertarikannya terhadap geometri.

Semoga bermanfaat, yos3prens.

Tentang Yosep Dwi Kristanto

Tahun 2012 memulai blogging untuk menyediakan sumber belajar matematika online, yang semoga dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Pengagum pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Pos ini dipublikasikan di Artikel, Geometri, Topik Matematika dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s