Lesson Study

Lesson StudyDewasa ini guru dituntut untuk senantiasa mengembangkan pembelajaran yang dilakukannya. Pengembangan ini meliputi pengembangan rencana dan perangkat ajarnya. Untuk itu seorang guru perlu menganalisis pembelajaran yang telah dilakukannya. Dalam proses analisis ini tentu seorang guru harus berkolaborasi dengan guru-guru yang lain agar tercipta suatu hasil yang objektif. Salah satu cara analisis ini adalah dengan melaksanakan lesson study.

Banyak guru yang telah mengenal atau bahkan sudah melaksanakan lesson study, akan tetapi ada juga yang belum tahu tentang hal ini. Bagi Anda yang belum tahu mengenai lesson study, penulis sediakan contoh laporan lesson study. Laporan lesson study ini adalah hasil lesson study penulis (sebagai guru model) di SMP Negeri 8 Malang sebagai pemenuhan tugas PPL Universitas Negeri Malang (UM).

Apa Saja Di Dalam Lesson Study?

Lesson study terdiri dari cover, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, implementasi lesson study, penutup, daftar rujukan, dan lampiran. Pada lesson study yang dicontohkan pada artikel ini tidak disisipkan lampiran. Hal ini dimaksudkan karena lesson study ini sebagai contoh (referensi) semata. Lampiran lesson study terdiri dari perangkat ajar yang digunakan serta lembar observasi.

Untuk lebih jelasnya silahkan download lesson study di sini (dropbox).

Semoga bermanfaat, yos3prens.

Tentang Yosep Dwi Kristanto

Tahun 2012 memulai blogging untuk menyediakan sumber belajar matematika online, yang semoga dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Pengagum pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Lesson Study

  1. Ahmad berkata:

    Terima kasih atas sharing infonya, sy jg sedang belajar ttg lesson study

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s