Lingkaran: Menemukan Pi (𝝅)

PiLingkaran adalah salah satu materi yang dibelajarkan di SMP kelas VIII. Salah satu subbab dari materi ini adalah Pendekatan Nilai Pi (π). Pendekatan nilai pi ini dapat dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan mengajak siswa untuk praktek mengukur benda-benda di sekitar yang memiliki bingkai berbentuk lingkaran. Diantaranya adalah botol, CD, topi, piring, dan lain sebagainya. Setelah didapatkan kelilingnya, siswa diminta untuk menghitung diameter dari benda-benda tersebut. Tentunya sebelum melakukan kegiatan ini siswa harus memahami apa itu itu diameter lingkaran. Setelah keliling dan diameter diperoleh, siswa diminta untuk membagi keliling dengan diameter pada masing-masing benda tersebut kemudian membandingkan hasilnya dengan benda lain.

Selain dengan menggunakan metode pembelajaran seperti di atas, menemukan nilai pi dapat dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, disertai media PowerPoint. Hal ini dimaksudkan untuk menyeragamkan pemahaman siswa maupun kecepatan belajar kelas. Oleh karena itu dalam artikel ini, penulis akan memberikan contoh media pembelajaran yang dibuat melalui Microsoft PowerPoint 2010 beserta penjelasannya. Anda dipersilahkan untuk mendownload file tersebut, mengedit, maupun menyebarluaskan presentasi ini.

Dalam PowerPoint ini, terdapat 4 section, yaitu judul, pendahuluan, pi, dan penutup.

  • Judul.
    Judul ini berisi satu slide yaitu slide judul. Slide judul ini berisi tema dari media pembelajaran tersebut yaitu Menemukan Pi (π) serta penyusunnya.
  • Pendahuluan
    Section pendahuluan terdiri dari tiga slide, yaitu slide pengantar, slide membedakan lingkaran dan bukan, serta slide definisi lingkaran.
    Slide pengantar berisi judul dari section ini yaitu Pendahuluan: Lingkaran. Slide membedakan lingkaran dan bukan berisi gambar lingkaran dan bidang lingkaran, kemudian siswa diminta untuk menunjuk gambar mana yang merupakan lingkaran. Kemudian slide selanjutnya berisi definisi lingkaran. Slide ini dimaksudkan untuk memberikan penegasan mengenai definisi lingkaran kepada siswa.
  • Pi
    Section ini terdiri dari 2 slide, yaitu slide pengenalan keliling dan diameter lingkaran serta slide menemukan nilai pi. Pada slide pengenalan keliling dan diameter lingkaran, disajikan gambar bingkai lingkaran yang terbentuk dari kalimat “keliling lingkaran” dan gambar diameter yang terbentuk dari kalimat “diameter lingkaran.” Hal ini dimaksudan agar siswa tertarik dan mudah mengingat mengenai keliling dan diameter lingkaran. Pada slide menemukan pi, berisi animasi lingkaran berputar serta lintasan yang dilaluinya. Kemudian mengukur dan membandingkan panjang lintasan, yang sama dengan keliling, dengan diameter lingkaran. Kemudian slide ini menjelaskan bahwa nilai perbandingan tersebut bernilai 3,14 yang merupakan nilai dari pi.
  • Penutup.
    Section penutup berisi slide latihan soal dan slide ucapan terima kasih.

Untuk mendownload file ini, silahkan klik di sini (slideshare.net).

Semoga bermanfaat, yos3prens.

Iklan

Tentang Yosep Dwi Kristanto

Tahun 2012 memulai blogging untuk menyediakan sumber belajar matematika online, yang semoga dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Pengagum pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Pos ini dipublikasikan di Geometri, Kelas VIII, Media Pembelajaran, Portofolio, Topik Matematika dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s