Freeware Matematika: Microsoft Mathematics (MM)

Microsoft MathematicsMicrosoft Mathematics (MM) adalah suatu software gratis yang dapat digunakan oleh guru maupun siswa dalam pembelajaran Matematika maupun Sains. Bagi seorang guru, software ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran di dalam kelas secara mudah. Guru tidak perlu membuat media pembelajaran, PowerPoint dan flash misalnya, karena di dalam software ini sudah disediakan berbagai macam kemudahan. Misalnya jika Anda mengajar sistem persamaan linier, Anda cukup membuka program ini, menampilkannya di depan kelas, menulis sistem persamaan, dan klik. Secara instan akan muncul jawaban dari sistem persamaan tersebut. Hanya jawaban? Tentu tidak. Jawaban tersebut disertai dengan langkah per langkah dari penyelesaian soal tersebut.

Mengisi Persamaan Linier

Mengisi persamaan linier

Seperti terlihat pada gambar di atas, guru tinggal mengisi persamaan-persamaan pada jendela Equation Solver. Setelah diisi, untuk menyelesaikan sistem persamaan linier dua variabel tersebut, tinggal klik tombol Solve dan akan muncul langkah penyelesaiannya seperti di bawah ini.

Langkah Penyelesaian

Langkah penyelesaian SPLDV

Selain dengan menggunakan metode substitusi di atas, MM juga menyediakan metode eliminisasi maupun matrik.

Itulah kegunaan dari software ini bagi guru. Bagi siswa, software ini juga sangat membantu untuk membantunya dalam belajar Matematika. Selain dapat menyelesaikan sistem persamaan, MM juga dapat menggambar grafik sesuai dengan persamaan ataupun pertidaksamaan yang diberikan, pemecahan masalah segitiga, konversi ukuran, trigonometri, dan sebagainya. Misalkan seperti ditunjukkan gambar berikut.

Menggambar Grafik

Menggambar grafik

Jika Anda tertarik dengan software ini silahkan download di sini (Microsoft Mathematics 4.0).

Semoga bermanfaat, yos3prens.

Tentang Yosep Dwi Kristanto

Tahun 2012 memulai blogging untuk menyediakan sumber belajar matematika online, yang semoga dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Pengagum pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Pos ini dipublikasikan di Software Pendidikan dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s