Presentasi: 3 Pembuktian Teorema Pythagoras

Microsoft PowerPoint 2010Bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia Matematika, nama Pythagoras sudah tidak asing lagi. Pythagoras terkenal dengan teoremanya yang menyatakan bahwa kuadrat sisi miring dari segitiga siku-siku sama dengan jumlah dari kuadrat sisi-sisi yang lainnya. Bagi kalangan orang yang tidak berkecimpung di dunia Matematika mungkin juga masih ingat (atau banyak juga yang lupa) mengenai teorema ini.

Pada postingan kali ini penulis akan membahas mengenai presentasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran kelas VIII. Presentasi ini dibuat dengan menggunakan Microsoft PowerPoint 2010. Oleh sebab itu, penulis menyarankan Anda untuk membuka presentasi ini dengan menggunakan program tersebut walaupun presentasi ini juga dapat dibuka dengan Microsoft PowerPoint 2007 atau 2003. Akan tetapi bila dibuka dengan menggunakan PowerPoint 2007, efek transisi di dalam presentasi ini tidak akan muncul seperti jika dibuka dengan PowerPoint 2010. Demikian halnya bila dibuka dengan PowerPoint 2003.

Isi Presentasi: 3 Pembuktian Teorema Pythagoras

  • Slide 1
    Slide ini berisi judul “MENGENAL PYTHAGORAS”. Jika Anda kurang memperhatikan secara teliti, slide ini terlihat kosong. Akan tetapi jika Anda menekanF5 (untuk PowerPoint) maka akan terlihat judul dari presentasi ini setelah dilewati oleh daerah lingkaran yang berwarna hijau dan kuning.
  • Slide 2
    Slide 2 berisi mengenai biografi singkat Pythagoras. Biografi ini diharapkan dapat memotivasi siswa untuk belajar mengenai teorema Pythagoras.
  • Slide 3
    Slide 3 berisi materi pengenalan (mengingat kembali) segitiga siku-siku. Segitiga siku-siku merupakan materi prasyarat sebelum mempelajari teorema Pythagoras.
  • Slide 4
    Setelah siswa paham mengenai segitiga siku-siku, pada bagian ini siswa ditugaskan untuk menggambar dan mengidentifaksi segitiga siku-siku seperti yang ada di tampilan slide. Hal ini bertujuan agar siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran, tidak hanya mendengarkan ceramah dari guru.
  • Slide 5
    Slide ini berisi judul “Teorema Pythagoras”.
  • Slide 6 – 8
    Pembuktian teorema Pythagoras, pembuktian cara 1, 2, dan 3, berada pada slide ini.
  • Slide 9
    Pada slide 9 berisi latihan soal. Soal pada slide ini meminta siswa untuk mencari panjang sisi dari segitiga-segitiga yang belum diketahui.

Bagaimana Cara Mendownload File Ini?

Bagi yang sudah memiliki akun di slideshare klik di sini, kemudian klik download pada tombol sebelah atas presentasi.

Bagi yang belum memiliki akun di slideshare, silahkan buat akun di slideshare. Setelah selesai membuat akun di slideshare, silahkan ikuti instruksi di atas.

Silahkan presentasi ini di like (via facebook) atau di tweet (via twitter) bila Anda menyukainya dan ingin membagikannya ke teman-teman Anda. Tombol like dan tweet ada di sebelah atas presentasi jika Anda masuk ke sini.

Semoga bermanfaat, yos3prens.

Tentang Yosep Dwi Kristanto

Tahun 2012 memulai blogging untuk menyediakan sumber belajar matematika online, yang semoga dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Pengagum pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Pos ini dipublikasikan di Geometri, Kelas VIII, Media Pembelajaran, Portofolio, Topik Matematika dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s