iTunes U

iTunes USebelum saya menjelaskan mengenai iTunes U, taukah Anda tentang Apple Inc.? Pasti sebagian besar dari Anda sudah banyak yang tahu mengenai perusahaan tersebut. Karena produk-produknya seperti iPhone, iPod, iPad, dan Mac banyak beredar di sekitar kita. Tetapi taukah Anda mengenai iTunes U?

iTunes U adalah semacam wadah (saya menyebutnya begitu) untuk membagikan materi kursus, kuliah, atau pelajaran dari dari tim pengajar yang terdaftar di Apple ke siswanya. Sehingga di dalam iTunes U banyak tersedia materi-materi, yang sebagian besar gratis, yang dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun. Materi-materi tersebut dapat berupa audio dan video, presentasi, dokumen, PDF, buku teks iBook untuk iPad, buku ePub, aplikasi iOS, dan link web.

Apa yang Diperlukan untuk Mengakses iTunes U?

  • Software iTunes. iTunes adalah software pemutar media audio maupun video serta software untuk mengakses segala sesuatu di iTunes Store, termasuk iTunes U. Jika komputer Anda belum terinstal iTunes, silahkan download di sini.
  • Akun iTunes. Bagi Anda yang belum memiliki akun iTunes, silahkan lihat artikel “Membuat Akun iTunes Tanpa Kartu Kredit”, untuk mempelajari bagaimana cara membuatnya.

Setelah 2 hal yang diperlukan di atas sudah Anda penuhi, silahkan buka iTunes di komputer Anda dan pilihlah tab iTunes Store kemudian klik iTunes U di menu bagian atas. Selesai.

Apa Saja yang Ada di iTunes U?

Di dalam iTunes U banyak sekali materi yang tersedia. Mulai dari kategori Bisnis, Teknik, Sejarah, sampai Matematika ada. Materi ini disajikan berupa audio, video, dokumen, dan lain sebagainya seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Selain itu hal penting untuk guru, yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) juga tersedia di sana. Akan tetapi materi yang disediakan di iTunes U menggunakan bahasa Inggris. Hal ini tidak akan menjadi masalah bagi Anda yang sudah menguasai bahasa Inggris dengan baik. Kalau Anda yang belum menguasainya bisa dijadikan sebagai pembelajaran.

Penyedia materi di iTunes U berasal dari perguruan tinggi mancanegara yang ternama. Misalnya adalah Harvard, UC Berkeley, dan Cambridge University. Sehingga materi-materi ini sangat berguna bagi kita yang menginginkan referensi-referensi dari luar negeri. Khusus untuk guru, iTunes U dapat digunakan untuk mengetahui atau bahkan mempraktekkan materi ataupun RPP di sekolah Anda masing-masing.

Bagaimana Cara Mendownloadnya?

Cara mendownload materi yang ada di dalam iTunes U sangat gampang. Tinggal melakukan hal-hal di bawah ini:

  1. Carilah materi yang akan Anda butuhkan. Jika Anda membutuhkan materi Matematika tinggal pilih “Mathematics” pada menu “iTunes U” di iTunes Store.
  2. Kemudian klik materi yang sudah Anda temukan, misalkan “Statistic 110: Introduction to Probability” oleh Joseph Blitzstein.
  3. Setelah masuk ke halaman materinya tinggal di klik tombol “FREE” di sebelah kanan judul bab untuk mendownload satu persatu, atau klik “Get All” di bawah gambar materi (cover) untuk mendownload keseluruhan bab.

Semoga bermanfaat, yos3prens.

Iklan

Tentang Yosep Dwi Kristanto

Tahun 2012 memulai blogging untuk menyediakan sumber belajar matematika online, yang semoga dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Pengagum pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s