Ilustrasi Grafik Fungsi Trigonometri

Grafik sinus dan cosinus dapat dilukis dengan memplot beberapa titik yang memenuhi fungsi tersebut. Misalkan titik-titik (0°, 0), (45°, 1/2 √2), (90°, 1) untuk fungsi f(x) = sin x dan titik-titik (0°, 1), (45°, 1/2 √2), (90°, 0) untuk fungsi f(x) = cos x. Untuk memplot titik-titik tersebut dapat digunakan lingkaran satuan sebagai panduan.

Berikut ini merupakan ilustrasi dari tracing titik-titik yang memenuhi fungsi f(x) = sin x dengan bantuan lingkaran satuan.

Ilustrasi Sinus

Dari ilustrasi di atas dapat dilihat bahwa grafik fungsi f(x) = sin x merupakan kumpulan titik-titik yang nilai ordinatnya dapat ditentukan dengan bantuan lingkaran satuan. Bagaimana dengan grafik fungsi f(x) = cos x? Apakah lingkaran satuannya sama dengan lingkaran satuan grafik fungsi f(x) = sin x? Perhatikan ilustrasi berikut.

Ilustrasi Cosinus

Dari lustrasi di atas diperoleh bahwa lingkaran satuan dari grafik fungsi f(x) = cos x berbeda dengan lingkaran satuan milik grafik fungsi f(x) = sin x. Lingkaran satuan milik grafik fungsi f(x) = cos x, sudutnya diukur dari jari-jari vertikal dari lingkaran tersebut. Penghitungan sudutnya diukur searah putaran jarum jam. Semoga bermanfaat, yos3prens.

About these ads

Tentang Yosep Kristanto

Tahun 2012 memulai blogging untuk menyediakan sumber belajar matematika online, yang semoga dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Pengagum pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Tulisan ini dipublikasikan di Kelas X, Materi SMA, Perangkat Pembelajaran dan tag , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Ilustrasi Grafik Fungsi Trigonometri

  1. Ping-balik: Melukis Grafik Fungsi Tangen | Pendidikan Matematika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s