Menentukan Titik Pusat Lingkaran

Beberapa waktu lalu telah terjadi gempa bumi di beberapa daerah, di antaranya di Aceh dan Haiti. Bencana alam di dua daerah tersebut telah mengundang banyak perhatian dari seluruh penjuru dunia. Gempa bumi merupakan kejadian alam yang ditandai dengan bergeraknya lempengan bumi. Akibat dari gempa bumi ini sendiri dapat dirasakan di daerah-daerah yang memiliki radius atau jarak tertentu dari pusat gempa. Bagaimana menentukan pusat gempa tersebut?

Radius Gempa Bumi

Apabila kita asumsikan daerah yang terkena gempa merupakan daerah di dalam lingkaran sempurna, cara menentukan pusat gempa tersebut sama dengan cara menentukan titik pusat suatu lingkaran. Dalam menentukan titik pusat lingkaran tersebut, kita harus memahami konsep bagaimana melukis garis sumbu suatu ruas garis. Berikut langkah-langkah dalam menentukan titik pusat suatu lingkaran.

  1. Pada lingkaran yang akan ditentukan titik pusatnya, lukislah segitiga sembarang yang ketiga titik sudutnya terletak pada lingkaran.
  2. Lukislah garis sumbu dari salah satu sisi segitiga yang terbentuk pada langkah satu. Pastikan bahwa garis sumbu merupakan garis yang membagi ruas garis menjadi dua sama panjang dan tegak lurus terhadap ruas garis tersebut.
    Gambar Menentukan Titik Pusat Lingkaran
  3. Ulangi langkah kedua untuk melukis garis sumbu pada sisi segitiga yang lainnya. Titik potong dari kedua garis sumbu yang terbentuk pada langkah 1 dan 2 merupakan titik pusat lingkaran.

Untuk mempermudah dalam memahami ketiga langkah di atas, perhatikan ilustrasi dalam menentukan titik pusat lingkaran berikut.

Menentukan Titik Pusat

Apabila kita perhatikan, dalam menentukan titik pusat lingkaran tersebut, kita gunakan konsep melukis lingkaran luar segitiga. Bedanya, apabila kita akan melukis lingkaran luar segitiga, awalnya kita diberikan gambar dari segitiga tersebut. Kemudian kita akan menentukan titik pusat lingkaran luar segitiga yang akan kita lukis.

Mungkin kamu ada yang bertanya-tanya, apabila titik pusat lingkaran dapat ditentukan dengan menggunakan konsep lingkaran luar segitiga, apakah mungkin kita menentukan titik pusat lingkaran dengan menggunakan konsep lingkaran dalam segitiga? Jawabannya adalah iya. Untuk menentukan titik pusat lingkaran dengan menggunakan konsep lingkaran dalam segitiga, dapat ditunjukkan oleh gambar berikut.

Gambar Menentukan Titik Pusat Lingkaran (2)

Secara singkat, menentukan titik pusat lingkaran dengan menggunakan konsep lingkaran dalam segitiga dilakukan dengan melukis segitiga sembarang sedemikian sehingga ketiga sisi segitiga tersebut menyinggung lingkaran. Setelah itu lukis garis bagi dari dua sudut segitiga yang terbentuk. Dua garis bagi yang terbentuk akan berpotongan pada titik pusat lingkaran. Semoga bermanfaat, yos3prens.

About these ads

Tentang Yosep Kristanto

Tahun 2012 memulai blogging untuk menyediakan sumber belajar matematika online, yang semoga dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Pengagum pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Tulisan ini dipublikasikan di Kelas VIII, Materi SMP dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s