Analogi PLSV dengan Berat Suatu Benda

Persamaan linear satu variabel (PLSV) merupakan salah satu materi yang diajarkan pada siswa kelas VII SMP. Apakah yang dimaksud PLSV? PLSV adalah kalimat terbuka yang terdiri dari bentuk-bentuk aljabar yang memuat satu variabel berpangkat satu dan dipisahkan oleh tanda sama dengan antara ruas kanan dan ruas kiri. Berikut ini beberapa contoh PLSV:

  • 2x – 5 = 10
  • –7 – a = 3a + 8
  • (m – 1)/5 = m/3

Dalam kompetensi dasar SMP kelas VII terdapat poin: menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Misalkan PLSV: 4x – 3 = 17. Dari PLSV tersebut, siswa diminta untuk mencari nilai x yang dapat menyebabkan pernyataan 4x – 3 = 17 bernilai benar. Nilai x yang memenuhi, selanjutnya disebut penyelesaian dari PLSV tersebut. Bagaimana cara menemukan x tersebut? Ada banyak cara untuk menemukan nilai x, salah satunya adalah dengan menggunakan analogi PLSV tersebut dengan berat suatu benda.

Berat suatu benda merupakan hal yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari siswa. Misalkan berat badan, berat beras, maupun berat bahan pokok lainnya. Analogi ini diharapkan dapat memudahkan siswa untuk memahami PLSV. Berikut ini langkah-langkah untuk menemukan penyelesaian dari PLSV: 4x – 3 = 17 dengan menggunakan analogi berat suatu benda:

  1. PLSV 4x – 3 = 17 terdiri dari ruas kanan, 4x – 3, dan ruas kiri, 17. Bentuk aljabar 4x – 3 dapat dimodelkan menjadi berat suatu benda, sedangkan 17 menjadi indikator berat benda tersebut pada timbangan. Misalkan suatu benda dimasukkan secara penuh ke dalam wadah, berat bendanya tepat 4x kg, maka benda dengan berat 4x – 3 dapat ditunjukkan oleh gambar berikut.
  2. Timbang benda dengan berat 4x – 3 kg tersebut pada timbangan digital. Pada timbangan tersebut muncul indikator 17 kg (seperti pada bentuk aljabar ruas kanan).
  3. Tambah benda yang ada dalam wadah hingga penuh, sehingga beratnya menjadi 4x = 20 kg.
  4. Bagi benda yang ada dalam wadah menjadi 4 bagian yang sama. Sisakan benda yang ada dalam wadah hingga 1/4 bagian, sehingga beratnya menjadi x = 5 kg.
  5. Voila! Nilai x telah ditemukan. Sehingga penyelesaian dari SPLV: 4x – 3 = 17 adalah x = 5.

Langkah-langkah di atas dapat dirangkum dengan menggunakan ilustrasi di bawah ini. Untuk SPLV sederhana lainnya, juga dapat dilakukan dengan menggunakan analogi seperti ini. Pembaca dapat mengembangkan analogi ke bentuk-bentuk SPLV lainnya menurut pemahaman masing-masing.

Semoga bermanfaat, yos3prens.

About these ads

Tentang yos3prens

Tahun 2012 memulai blogging untuk menyediakan sumber belajar matematika online, yang semoga dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Pengagum pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Tulisan ini dipublikasikan di Kelas VIII, Media Pembelajaran, Perangkat Pembelajaran dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Analogi PLSV dengan Berat Suatu Benda

  1. mas, ilustrasix ditambah 3 kg bkan 2 kg..heheh

    Suka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s