Pola Bilangan

Menemukan pola bilangan merupakan latihan yang dapat meningkatkan kemampuan dalam memberikan penalaran secara induktif (inductive reasoning). Apakah yang dimaksud dengan penalaran induktif?

Penalaran induktif (inductive reasoning) adalah suatu proses mengobservasi data, menemukan pola, dan membuat generalisasi dari hasil observasi tersebut.

Berikut ini adalah latihan yang menguji kemampuan bernalar secara induktif dalam menemukan bilangan atau huruf pada suatu barisan. Gunakanlah kemampuan bernalar secara induktif tersebut untuk melanjutkan barisan-barisan berikut!

  1. 20, 18, 16, 14, –?–
  2. 1, 4, 9, 16, 25, 36, –?–
  3. T, Q, N, K, H, E, –?–
  4. a, 6, c, 12, e, 18, –?–
  5. 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, –?–

Pelajari pola berikut, kemudian lengkapilah persoalan tersebut berdasarkan observasimu. (Jangan menggunakan alat hitung di sini. Yang kamu cari adalah polanya, tidak hanya jawaban bilangannya)

1.

1 ∙ 1
11 ∙ 11
111 ∙ 111
1111 ∙ 1111
11111 ∙ 11111

=
=
=
=
=

1
121
12321
1234321
–?–

2.

6 ∙ 7
66 ∙ 67
666 ∙ 667
6666 ∙ 6667
66666 ∙ 66667

=
=
=
=
=

42
4422
444222
44442222
–?–

3.

123456789 ∙ 9
123456789 ∙ 18
123456789 ∙ 27
123456789 ∙ 36
123456789 ∙ –?–

=
=
=
=
=

111111111
222222222
333333333
–?–
555555555

4.

9 ∙ 0 + 1
9 ∙ 1 + 2
9 ∙ 2 + 3
9 ∙ 3 + 4
–?–

=
=
=
=
=

1
11
21
–?–
41

5.

1 + (9 ∙ 0)
2 + (9 ∙ 1)
3 + (9 ∙ 12)
4 + (9 ∙ 123)
–?–

=
=
=
=
=

1
11
111
–?–
11111

6.

8 + (9 ∙ 0)
7 + (9 ∙ 9)
6 + (9 ∙ 98)
5 + (9 ∙ 987)
–?–

=
=
=
=
=

8
88
–?–
–?–
88888

Meningkatkan Kemampuan Bernalar (Tambahan)

Perhatikan gambar berikut.

Reasonable 'rithmetic

Masing-masing huruf pada soal di atas melambangkan bilangan-bilangan yang berbeda. Pertanyaannya: berapakah nilai B dan J?

Pembahasan dari permasalahan yang terakhir, dapat dilihat di bawah ini. Jika terdapat masalah dalam melihat file pembahasan, silahkan download file pembahasan tersebut di sini.

Semoga bermanfaat, yos3prens.

About these ads

Tentang yos3prens

Tahun 2012 memulai blogging untuk menyediakan sumber belajar matematika online, yang semoga dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Pengagum pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Tulisan ini dipublikasikan di Kelas IX, Perangkat Pembelajaran dan tag , , , , . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s