Membagi Ruas Garis Menjadi n Bagian yang Sama

Dalam membagi ruas garis menjadi n bagian yang sama panjang digunakan teorema berikut ini:

Jika dua atau lebih garis memotong kedua sisi segitiga dan sejajar dengan sisi ketiga, maka garis-garis tersebut membagi kedua sisi segitiga tersebut dengan perbandingan yang sama.

Perhatikan gambar berikut ini untuk memahami teorema di atas.

Perbandingan Bagian Sisi Segitiga

Menurut teorema di atas, jika garis EH dan garis LC sejajar dengan garis MI, maka b/d = s/t. Akan tetapi konvers dari teorema di atas tidaklah benar.

Teorema di atas sangatlah berguna untuk membagi ruas garis menjadi n bagian yang sama. Apabila ruas garis akan dibagi menjadi 2, 4, atau 8 bagian yang sama, cukuplah digunakan konstruksi garis sumbu dari ruas garis tersebut. Bagaimana jika ruas garis akan dibagi menjadi n bagian yang sama, dengan n bilangan asli sebarang? Berikut ini contoh cara membagi ruas garis menjadi 3 bagian yang sama.

  1. Lukis ruas garis AB. Dari salah satu titik ujung, misalkan A, lukis sinar AR yang membentuk sudut BAR yang besarnya sekitar 45.
    Membagi Ruas Garis 1
  2. Pada sinar AR tandai 3 bagian dengan panjang yang sama dengan menggunakan jangka. Dari titik ujung ruas garis ketiga, labeli dengan C, lukis ruas garis sampai titik B. Sekarang diperoleh segitiga ABC dengan sisi AC telah dibagi menjadi 3 bagian yang sama.
    Membagi Ruas Garis 2
  3. Selanjutnya, melalui dua titik pada sinar AC, lukis sinar yang sejajar dengan sisi BC sehingga sinar-sinar tersebut memotong ruas garis AB. Dua sinar sejajar tersebut memotong ruas garis AB di dua titik yang membagi ruas garis AB menjadi 3 bagian yang sama.

Untuk membagi ruas garis menjadi n bagian yang sama, caranya hampir serupa dengan langkah-langkah di atas. Sebagai latihan, cobalah melukis sebarang ruas garis, kemudian bagilah ruas garis tersebut menjadi 5 bagian yang sama.

Semoga bermanfaat, yos3prens.

About these ads

Tentang Yosep Kristanto

Tahun 2012 memulai blogging untuk menyediakan sumber belajar matematika online, yang semoga dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Pengagum pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Tulisan ini dipublikasikan di Kelas VII, Perangkat Pembelajaran dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Membagi Ruas Garis Menjadi n Bagian yang Sama

  1. Ping-balik: Bisakah Kita melukis Ruas Garis dengan Panjang Bilangan Akar? | Pendidikan Matematika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s