GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika

GeoGebra adalah perangkat lunak yang efektif digunakan dalam pembelajaran Matematika, khususnya pada bahasan Geometri, Aljabar, ataupun Kalkulus. GeoGebra dapat dijadikan media mengajar guru ataupun sebagai alat siswa untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.

Misalnya guru akan mengajar mengenai melukis lingkaran luar segitiga kepada siswanya (materi kelas VIII). Guru dapat memanfaatkan perangkat lunak ini, dengan tambahan perlengkapan komputer dan LCD tentunya. Seperti diketahui, untuk melukis lingkaran luar segitiga langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Melukis sebarang segitiga.
  2. Melukis garis sumbu dari dua sisi segitiga yang terbentuk pada langkah (1).
  3. Melukiskan titik perpotongan garis-garis yang terbentuk pada langkah (2).
  4. Melukis lingkaran yang berpusat pada titik yang dikontruksi pada langkah (3) dan melalui salah satu titik sudut segitiga pada langkah (1).
  5. Lingkaran yang terbentuk pada langkah (4) merupakan lingkaran luar segitiga yang dikontruksi pada langkah (1).

Kelima langkah tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan papan tulis. Akan tetapi hal tersebut membutuhkan waktu yang relatif lama. Belum lagi hasil yang terbentuk kurang sesuai dengan yang diharapkan (kurang teliti). Untuk mengatasi hal tersebut dapat digunakan GeoGebra.

Lingkaran Luar Segitiga (GeoGebra)

Melukis Lingkaran Luar Segitiga dengan GeoGebra

Berikut adalah langkah-langkah melukis ligkaran luar segitiga dengan menggunakan GeoGebra.

  1. Buka program GeoGebra (dari Desktop ataupun dari Start Menu).
  2. Buka menu Perspectives  kemudian pilih Geometry.
  3. Lukis segitiga dengan mengeklik Polygon pada toolbar kemudian klik 3 kali pada lembar kerja untuk membuat titik-titik A, B, dan C kemudian ditutup dengan mengeklik titik A lagi untuk membuat segitiga.
  4. Kemudian klik Perpendicular Bisector pada toolbar (klik arah panah kecil pada tool ke-4 dari kiri toolbar) dan lukislah dua garis dengan mengeklik kedua sisi segitiga. Garis yang terbentuk merupakan garis sumbu segitiga tersebut.
  5. Gunakan Intersect Two Objects pada toolbar kemudian klik kedua garis sumbu untuk mengkonstruk titik perpotongan kedua garis sumbu tersebut.
  6. Lukislah lingkaran dengan menggunakan Circle with center through point dengan mengeklik titik pusat, yang terbentuk pada langkah 5, dan sembarang titik sudut segitiga.
  7. Dengan menggunakan Move, Anda dapat menggeser titik sudut segitiga sehingga gambar yang dihasilkan dapat bergerak secara dinamis, sesuai dengan keinginan Anda.
Icon Toolbar GeoGebra

Icon Toolbar GeoGebra yang Digunakan

Pada gambar di atas dari kiri ke kanan adalah alat Polygon, Perpendicular Bisector, Intersect Two Objects, dan Circle with center through point. Sedangkan Move terletak paling kiri dari toolbar GeoGebra dan memiliki ikon seperti pointer mouse.

Selain cara di atas, melukis lingkaran luar segitiga dapat juga dilakukandengan menggunakan input bar pada GeoGebra. Dengan cara ini, Anda harus memilih Perspectives kemudian Algebra & Graphics pada menu bar. Selanjutnya ketikkan command berikut pada input bar (terletak paling bawah).

Input Bar GeoGebra

A = (2, 1)
B = (12, 5)
C = (8, 11)
Polygon[A, B, C]
s = PerpendicularBisector[a]
t = PerpendicularBisector[b]
M = Intersect[s, t]
Circle[M, A]

Bagaimana menurut Anda? Ataukah Anda sudah mencoba perangkat lunak ini, atau bahkan sudah mahir? Berbagilah pengalaman dengan kami dengan memberikan komentar pada kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat, yos3prens.

About these ads

Tentang Yosep Kristanto

Tahun 2012 memulai blogging untuk menyediakan sumber belajar matematika online, yang semoga dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Pengagum pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Tulisan ini dipublikasikan di GeoGebra, Software Pendidikan dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika

  1. sujatno berkata:

    terimakasih saya dapat pengetahuan tambahan

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s