Alat Peraga GeoBoard (Papan Berpaku)

Banyak cara dalam melaksanakan pembelajaran matematika di kelas, bisa dengan ceramah, diskusi kelompok, CTL, RME, maupun dengan menggunakan bantuan media pembelajaran. Media pembelajaran pun banyak macamnya, diantaranya adalah televisi, DVD, komputer, model, dan alat peraga.

Dalam pembelajaran geometri dua dimensi, pembelajaran dengan menggunakan alat peraga adalah pilihan yang menarik. Untuk itu penulis mengulas mengenai GeoBoard, suatu alat peraga dalam pembelajaran geometri kelas VII.

“This is a geoboard or papan berpaku, media for helping students to learn about plane.” – Elok Dwi R. (Salah seorang mahasiswi UM dan merupakan teman dari penulis).

Apa Itu GeoBoard?

GeoBoard adalah suatu papan berpaku yang dapat digunakan dalam pembelajaran geometri kelas VII. Papan berpaku ini secara sederhana terbuat dari kayu tipis kemudian dipaku pada bidangnya. Paku-paku ini disusun sedemikian sehingga tersusun secara rapi dan berbentuk seperti persegi satuan.

Geoboard

GeoBoard

Untuk memodifikasi GeoBoard ini dapat dilakukan dengan mewarnai papan dengan warna yang gelap, misalnya hitam, atau dengan memberikan stiker-stiker yang membuat siswa tertarik. Misalnya dengan memberikan stiker karakter-karakter Spongeboob. Pemberian stiker ini sebaiknya berbeda antara GeoBoard satu dengan yang lainnya. Hal ini dimaksudkan agar alat peraga ini memberikan identitas apabila digunakan dalam pembelajaran kooperatif.

Dalam penggunaan GeoBoard diperlukan karet gelang untuk membentuk bangun-bangun pada papan. Selain itu dapat ditambahkan pula kertas untuk melukis atau mengeblat bangun yang sudah terbentuk pada GeoBoard.

Bagaimana Implementasinya dalam Pembelajaran?

Penggunaan alat peraga ini tergantung dari situasi dan kondisi kelas. Alat peraga ini dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran klasikal maupun kelompok. Secara klasikal maksudnya dalam penggunaannya guru melakukan ceramah kepada siswa dan memberikan contoh peragaan mengenai segitiga, segiempat, dan lainnya melalui GeoBoard.

Secara kelompok berarti alat peraga ini dibagikan kepada masing-masing kelompok siswa kemudian guru memberikan panduan agar siswa dan kelompoknya melakukan eksplorasi terhadap alat peraga ini mengenai materi geometri. Panduan ini dapat diberikan dengan menggunakan LKS.

Demikian ulasan penulis mengenai GeoBoard, suatu alat peraga yang dikembangkan teman kami Elok Dwi R. (kunjungi halaman facebooknya). Semoga bermanfaat, yos3prens.

About these ads

Tentang Yosep Kristanto

Tahun 2012 memulai blogging untuk menyediakan sumber belajar matematika online, yang semoga dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia. Pengagum pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran.
Tulisan ini dipublikasikan di Kelas VII, Media Pembelajaran, Perangkat Pembelajaran dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s